Perbanas Institute Canangkan V-19 Hadapi Persaingan Bebas Asean

Perbanas Institute mencanangkan Perbanas Institute Vision 2019 atau V-19 yang menjadi acuan dan pedoman yang fundamental dalam persaingan pasar bebas Asean (MEA).
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 23 Februari 2016  |  15:18 WIB
Perbanas Institute Canangkan V-19 Hadapi Persaingan Bebas Asean
Ilustrasi Rektor Perbanas Institute dalam satu acara - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Perbanas Institute mencanangkan Perbanas Institute Vision 2019 atau V-19 yang menjadi acuan dan pedoman yang fundamental dalam persaingan pasar bebas Asean (MEA).

Program V-19 itu juga untuk membangun dan mengembangkan Perbanas Institute mewujudkan mimpi besar menjadi The Most Reputable Asian Banking Education Institute dalam peringkat lima besar Asia.

Selain Visi 2019, Perbanas Institute juga memiliki core value yang disebut sebagai ETHICS (Endurance, Trustworthy, Humanity, Integrity, Competence, and Sense of Belonging) yang menjadi nilai dasar dan pedoman dalam berbagai aktivitas dan kegiatan akademik dan non akademik bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa di lingkungan kampus.

“Keunggulan Perbanas Institute adalah kurikulum yang berfokus pada kompetensi di bidang keuangan dan perbankan, serta dukungan dari bank-bank anggota Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas)," ujar kata Rektor Perbanas Institute, Prof Dr. Ir. H. Marsudi Wahyu Kisworo dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan, Perbanas Institute siap menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul dan kompetitif dalam tataran global menghadapi era MEA, dan integrasi sektor keuangan dan perbankan Asean pada 2020. Sekaligus menyongsong abad keemasan Indonesia, yaitu abad di mana Indonesia dalam 20 tahun yang akan datang Indonesia diprediksi masuk sebagai 10 besar kekuatan ekonomi dunia.

Menurut Marsudi, kurikulum yang diterapkan saat ini berbasis kompetensi yang inovatif dan applikatif ini dirancang dengan referensi perkembangan ilmu dan pengetahuan di bidang keuangan, perbankan, dan informatika.

Selain itu, penyesuaian dengan kurikulum berstandar global, regulasi terkini, serta berbagai masukan dari para praktisi bankir profesional anggota Perbanas.

Dalam Dies Natalis ke-47 kali ini, sambungnya, tema yang diambil adalah Berkarya Gemilang.

Tema ini diangkat sesuai dengan komitmen Perbanas Institute untuk senantiasa berkarya meningkatkan kualitas, meliputi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat), kualitas mutu pendidikan, dosen (tenaga pendidik), proses pembelajaran, fasilitas sarana prasarana, layanan akademik, dan output lulusan.

Selain itu, ungkapnya,  yang juga tidak kalah penting adalah peran pada alumni yang tersebar di berbagai di sektor industri yang memiliki integritas moral yang tinggi, kompeten, serta daya kreativitas yang tinggi sebagai calon pemimpin masa depan bangsa.

"Saat ini Prodi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, dan membuka program studi baru yaitu S1 Ekonomi Syariah yang fokus pada bidang keuangan dan perbankan syariah."

Potensi pasar perbankan syariah di Indonesia masih sangat besar dan memerlukan banyak SDM yang mumpuni di bidang perbankan syariah, dan Perbanas Institute siap untuk mendidik dan mencetak lulusan siap kerja yang akan mengisi tenaga perbankan syariah profesional di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top