Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Jembatan Musi IV Dipercepat

Pemerintah mempercepat pembangunan Jembatan Musi IV setelah pembebasan lahan untuk proyek infrastruktur dalam Kota Palembang itu tuntas pada tahun lalu.
Jembatan Musi 3/Antara
Jembatan Musi 3/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah mempercepat pembangunan Jembatan Musi IV setelah pembebasan lahan untuk proyek infrastruktur dalam Kota Palembang itu tuntas pada tahun lalu.

Kepala Satuan Kerja Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Metro, Gunawan, mengatakan pemasangan tiang pancang akan dimulai bulan ini.

"Pembangunan Jembatan Musi IV ini sendiri akan menelan dana sebesar Rp523 miliar. Dana tersebut tidak mengalami perubahan baik itu pengurangan maupun penambahan," katanya, Jumat (29/1/2016).

Dia memaparkan BBPJN telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp13 miliar pada 2015.

Sementara alokasi untuk tahun ini diberikan sebanyak Rp75 miliar, dan sisanya akan berlanjut pada tahun anggaran 2017 dan 2018.
Untuk saat ini, lanjut Gunawan, pihaknya fokus untuk pembangunan di Seberang Ilir terlebih dahulu.

Sedangkan untuk Seberang Ulu akan dilakukan pada 2017 sampai 2018 karena akan dilanjutkan pembangunan akses jalan dari jembatan Musi IV sampai ke jalan nasional Ahmad Yani.

"Akses jalan ini sendiri memakan dana yang tidak kecil karena akan ada pembebasan lahan,”"ujarnya.

Dalam pembebasan untuk akses jalan dari jembatan Musi IV ke Jalan Ahmad Yani akan menggunakan dana sharing dari Provinsi, Kota, dan Nasional sehingga tidak terlalu terbebankan.

Sedangkan untuk fisik dapat menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN).

"Kami berharap pembangunan Musi IV maupun akses jalan dari Musi IV ke Jalan Ahmad Yani tidak mengalami kendala sehingga dapat selesai tepat waktu," harapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Sapri Nungcik menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang selalu mendukung setiap kegiatan terutama menuju Asian Games 2018 mendatang baik pembangunan jalan, jembatan dan lain sebagainya.

"Sampai saat ini pembebasan lahan yang dilakukan berjalan dengan baik dan tidak ada konflik. Pembangunan ini juga nantinya sangat bermanfaat bagi Kota Palembang karena itu kami mendukung penuh setiap pembangunan," katanya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Sumsel Rinhaldi mengatakan, pembangunan sejumlah infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan Asian Games sedang dilaksanakan.

Diantaranya Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI, fly over simpang Bandara, fly over Simpang Keramasan, pelebaran Jalan Ahmad Bastari, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper