Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca ekstrem/Antara
Cuaca ekstrem/Antara

Kabar24.com, MANADO - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara  Soni Sumarsono mengingatkan warga untuk tetap waspada cuaca ekstrim jelang puncak musim penghujan di akhir Januari.

Karenanya, dampak dari El-Nino telah menyebabkan musim hujan terlambat dibandingkan dengan normalnya. Biasanya, pada Januari merupakan puncak kejadian bencana hidrometeorologi yang sering kali mencapai ratusan kejadian. 

"Januari adalah bulan paling banyak kejadian bencana, karena awal Tahun merupakan puncak curah hujan, sehingga bisa memicu terjadinya banjir, tanah longsor dan puting beliung," tuturnya, dalam situs Humas Pemprov Sulut, Selasa (26/1/2016).

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sulawesi Utara prakiraan cuaca hingga  Rabu (27/1) sebagian besar mengalami hujan ringan dan sisanya berawan. 

Sumarsono menghimbau warga Sulut untuk tetap waspada dengan cuaca ekstrim yang terjadi di Sulut belakangan ini. "Jika ada ancaman longsor dan banjir segeralah mengungsi ke tempat yang aman," ujarnya.

Mengingat dalam empat hari terakhir curah hujan masih melanda daerah Sulut, bahkan di beberapa tempat di Kabupaten/Kota telah terjadi longsor, rumah-rumah penduduk terendam banjir serta ada korban jiwa di Manado.

BMKG sendiri memprediksikan hujan akan mencapai puncak musim penghujan pada akhir Januari dan Februari 2016. Meskipun saat ini El Nino masih berada dalam intensitas kuat, akan tetapi kondisinya terus menyeluruh dan diperkirakan akan memasuki fase netral pada Maret-April 2016.

Sumarsono mengakui, ada ribuan jiwa warga Sulut yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di perbukitan, lereng gunung dan bantaran sungai sehingga perlu terus diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya. 

"Mereka-mereka itu harus diselamatkan agar tidak terkena bencana," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper