Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

64 Fasum Kecipratan Hibah Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memberikan bantuan hibah bina lingkungan terhadap 64 fasilitas umum di Jawa Timur senilai Rp971 juta.
Pelabuhan Pelindo III/Bisnis.com
Pelabuhan Pelindo III/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memberikan bantuan hibah bina lingkungan terhadap 64 fasilitas umum di Jawa Timur senilai Rp971 juta.

Fasilitas itu terdiri atas 28 sarana ibadah, 33 sarana pendidikan dan pelatihan, serta tiga sarana umum lainnya. Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan pemberian bantuan itu merupakan program rutin setiap tahun.

Pelindo III telah memulai penyaluran bantuan hibah bina lingkungan sejak 2001 dan dilakukan di seluruh wilayah kerja perusahaan di tujuh provinsi di Indonesia.

“Dari 2001 hingga akhir 2015, setidaknya kami sudah menyalurkan dana hibah bina lingkungan dengan total nilai Rp109,77 miliar,” jelas Toto dalam siaran pers, Senin (18/1/2016).

Dia mengatakan besaran dana yang disalurkan kepada penerima bantuan bervariasi antara Rp15-50 juta, bergantung pada kebutuhan dan keadaan fisik obyek bantuan. Untuk itu, BUMN tersebut membentuk tim yang mengecek kondisi calon penerima bantuan lebih dulu sebelum menyalurkan bantuan.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menambahkan, jumlah dana yang disalurkan berbeda setiap tahun. Ia mencontohkan, pada 2012, hibah bina lingkungan yang disalurkan oleh Pelindo III mencapai Rp12 miliar, tahun berikutnya Rp9,6 miliar, dan Rp12,5 miliar pada 2014.

Perbedaan jumlah total dana hibah bina lingkungan disesuaikan dengan keuangan perusahaan. Setiap tahun, perusahaan pelat merah tersebut menyalurkan 2% dari keuntungan perusahaan setelah pajak kepada masyarakat. Setiap penerima hibah selanjutnya diwajibkan membuat laporan realisasi penggunaan dana hibah sesuai dengan rencana yang mereka ajukan ke Pelindo III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper