Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PANRB: Ini 7 Cara Tingkatkan Efektivitas Anggaran

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menekankan evaluasi akuntabilitas kinerja adalah untuk memberi gambarang pengelolaan anggaran.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi/Antara
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menekankan evaluasi akuntabilitas kinerja adalah untuk memberi gambarang pengelolaan anggaran.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi menuturkan, ada tujuh kunci untuk membangun etos kerja yang berorientasi pada hasil. Dia mengatakan tidak hanya melihat dari sisi penyerapan, tetapi juga dari sisi hasil yang telah diperoleh.

"Harus ada keterkaitan yang nyata antara anggaran yang telah diserap dengan hasil yang telah dicapai," tegas Menteri Yuddy melalui siaran pers, Jumat (15/1/2016).

Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja diberikan dalam bentuk simpulan penilaian yang menunjukkan derajat kemampuan setiap instansi pemerintah menerapkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented government).

Untuk itu, Yuddy menyebutkan kepada seluruh instansi pemerintah yang harus didorong untuk melaksanakan pengalokasian dan penggunaan anggaran atas dasar hasil yang benar-benar memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Demi mendukung program-program pemerintah Kabinet Kerja tahun 2015-2019, Menteri mengajak pemda untuk fokus pada beberapa permasalahan terkait dengan penggunaan anggaran dan pencapaian kinerja.

Pertama, setiap instansi harus benar-benar fokus pada upaya penjabaran target-target pembangunan sebagaimana dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah yang menjadi platform pemerintah.

"Target-target tersebut menjadi janji yang harus kita penuhi selama lima tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo," katanya.

Kedua, setiap instansi pemerintah harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai target-target. Ketiga, target-tearget operasional harus dipadukan menjadi satu untuk membentuk pencapaian yang sesuai dengan platform pemerintah.

Keempat, target-target operasional harus benar-benar terukur, baik dari kuantitas, waktu pencapaian dan sumber-sumber yang diperlukan. Kelima, berbagai kegiatan harus dirancang dengan tepat sebagai upaya untuk mencapai target tersebut.

Keenam, monitoring pelaksanaan kegiatan harus dilakukan secara ketat, sehingga ketika ditemukan berbagai kendala kita harus mencari penyebab dan menyelesaikannya. Terakhir, evaluasi keseluruhan terhadap pelaksanaan kegiatan harus dilakukan secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper