Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Klinik Medis Harus Diaudit Secara Berkala

Pemerintah diminta untuk melakukan audit secara berkala terhadap klinik kesehatan yang ada di seluruh Indonesia untuk menjamin kelayakan dan keamanan pelayanan terhadap pasien.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 11 Januari 2016  |  19:24 WIB
Ilustrasi - klinik kesehatan - naukawpolsce.pap.pl
Ilustrasi - klinik kesehatan - naukawpolsce.pap.pl

Kabar24.com, JAKARTA -- Pemerintah diminta untuk melakukan audit secara berkala terhadap klinik kesehatan yang ada di seluruh Indonesia untuk menjamin kelayakan dan keamanan pelayanan terhadap pasien.

Permintaan ini disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati menanggapi peristiwa meninggalnya pasien di Klinik Chiropractic beberapa waktu lalu.

"Dinas kesehatan dan pemangku kepentingan harus melakukan audit secara menyeluruh terhadap klinik dan pusat kesehatan. Memastikan izin praktik menjadi utama untuk mengetahui profil klinik dan pusat kesehatan demi kenyamanan dan keselamatan pasien," katanya, Senin (11/1/2016).

Dia juga meminta kepada jajaran Kementerian Kesehatan untuk melakukan audit internal terkait dengan kelalaian dalam pengawasan terhadap klinik dan pusat kesehatan yang tidak memiliki izin.

Politikus Partai Persatuan embangunan (PPP) ini menyayangkan, klinik yang tidak memiliki izin namun secara demonstratif berpraktik di pusat keramaian.

Dia juga meminta kepada pemerintah untuk benar-benar memberikan proteksi terhadap masyarakat khsusunya atas ketersediaan klinik dan balai pengobatan yang benar-benar aman, nyaman dan sesuai prosedur peruntukkan.

"Aparat penegak hukum juga harus proaktif dalam menyelesaikan kasus-kasus yang terkait dengan kesehatan masyarakat seperti praktik malapraktik yang masih dijumpai di tengah masyarakat."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

audit klinik perawatan medis
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top