Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat Pembaca: BKI Berkomitmen Tingkatkan Kinerja di 2016

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) bertekad meningkatkan kinerja korporasi pada tahun ini. Setiap personil di BUMN Maritim ini akan terus berbenah diri.
Pelabuhan Makassar/Jibiphoto
Pelabuhan Makassar/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) bertekad meningkatkan kinerja korporasi pada tahun ini. Setiap personil  di BUMN Maritim ini akan terus berbenah diri.

Berdasarkan evaluasi 2015, target program pada tahun lalu sudah tercapai dengan baik. Hanya saja, diharapkan bisa lebih optimal pada tahun ini.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, BKI telah berupaya memangkas waktu pengurusan layanan jasa klasifikasi kapal dengan membentuk kantor cabang regional dengan sistem layanan satu pintu.

Sebenarnya struktur organisasi untuk kantor cabang regional sudah dibentuk sejak 2015, dengan empat cabang klasifikasi utama yang menjadi cabang regional dan berperan mengendalikan beberapa cabang di sekitarnya.

Dengan adanya kantor cabang tersebut akan meningkatkan kinerja dan layanan jasa klasifikasi yang selama ini dilakukan. Terhitung per 1 Januari 2016, penandatanganan  sertifikat permanen untuk kapal ditangani oleh kantor cabang regional.

Namun demikian, walaupun pendelegasian sudah dilakukan dan diserahkan sepenuhnya kepada kantor regional, tetapi belum semua jasa sertifikasi dilakukan di kantor cabang regional. Nantinya, akan dilakukan secara bertahap. Jenis kapal yang baru ditangani oleh kantor cabang regional misalnya tugboat dan barge.

Terkait personil BKI, baik surveyor maupun staf teknik akan dialihkan ke cabang regional dari kantor pusat atau transfer dari kantor cabang lainnya sesuai dengan kompetensi masing masing.

Selanjutnya terkait kebutuhan costumer BKI, kualitas pelayanan adalah yang utama, sehingga dibutuhkan kecepatan pelayanan dan pendekatan BKI terhadap costumer berupa pendelagasian kewenangan, tallent personil, dsb. Diharapkan pada 2016, kinerja personil BKI semakin baik dan meningkat.

Sementara itu, kendala yang dihadapi pada tahun lalu adalah pengaruh ekonomi global yang masih akan berdampak pada tahun ini. Namun demikian, BKI perlu mencoba mengembangkan usaha dengan meningkatkan portofolio-portofolio yang lain.

  • Sri Dewi Amalia, Senior Manajer Komunikasi Korporasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (10/1/2016)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper