Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

China Usir Jurnalis Prancis Karena Kritik Penanganan Muslim Uighur

China dikabarkan akan mengusir seorang jurnalis asal Prancis karena melancarkan kritik atas penanganan negeri itu terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 26 Desember 2015  |  07:06 WIB
Seorang lelaki tua dari etnis Uighur nampak sedang duduk di pasar lokal di Kashgar, Xinjiang (2/8/2011). - Reuters/Carlos Barria
Seorang lelaki tua dari etnis Uighur nampak sedang duduk di pasar lokal di Kashgar, Xinjiang (2/8/2011). - Reuters/Carlos Barria

Kabar24.com, PARIS -China dikabarkan akan mengusir seorang jurnalis asal Prancis karena melancarkan kritik atas penanganan negeri itu terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur.

Muslim Uighur berada di wilayang barat laut China, Xinjiang.

Staf majalah mingguan L'Obs Jumat (25/12/2015) waktu setempat menyebutkan bahwa Ursula Gauthier, koresponden majalah tersebut yang berada di Beijing, harus meninggalkan China pada 31 Desember.

Tak lama setelah mempublikasikan tulisan tentang langkah China memanfaatkan kasus serangan teror di Paris untuk membenarkan tindakan mereka terhadap minoritas Uighur, Gauthier menjadi target pengawasan China bahkan mendapat ancaman pembunuhan, ujar pihak L'Obs.

Sejumlah media melaporkan bahwa kementerian luar negeri China telah meminta Gauthier untuk menarik laporan tersebut.

L'Obs, yang mengubah nama sebelumnya  Le Nouvel Observateur pada Oktober 2014, menyatakan dukungan terhadap korespondennya.

Dalam salah satu editorialnya, L'Obs menulis bahwa pengusiran itu merupakan sebuah "insiden besar" di saat Prancis dan China sedang memperkuat hubungan ekonomi, budaya, dan diplomatik bersama.

Kementerian Luar Negeri Prancis, Jumat, menyampaikan penyesalannya atas tidak diperpanjangnya visa Gauthier.

"Pemerintah Prancis mengingatkan betapa pentingnya bagi jurnalis untuk bisa bekerja di mana pun di dunia ini," demikian pernyatan resmi Kemenlu Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis china suku minoritas uighur

Sumber : Reuters

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top