Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siswi SMP Al-Azhar Palu Berjaya di Kompetisi Sains Internasional

Rahmah Fadhilah siswi kelas 9C SMP Al-Azhar Palu, Sulawesi Tengah, berhasil meraih juara dua pada kompetisi sains internasional, yang dihelat pada 2 - 11 Desember di Kota Daegu Korea Selatan.
Sains/jumpprimary.co.uk
Sains/jumpprimary.co.uk

Kabar24.com, PALU-- Rahmah Fadhilah siswi kelas 9C SMP Al-Azhar Palu, Sulawesi Tengah, berhasil meraih juara dua pada kompetisi sains internasional, yang dihelat pada 2 - 11 Desember di Kota Daegu Korea Selatan.

Rahmah berhasil menyingkirkan 198 peserta yang berasal dari 40 negara di dunia, pada kompetisi sains tersebut dengan perolehan nilai yang sangat baik.

"Kompetisi tersebut diikuti oleh 200 peserta dari 40 negara," ungkap Rahmah Fadhilah, di SMP Al-Azhar, Rabu (16/12/2015).

Sekalipun tidak berada pada urutan ke 1 pada kompetisi tersebut, namun dirinya bangga dengan upayah yang telah dilakukannya.

Prestasi yang diraih oleh Rahmah mengantarkan nama Kota Palu, Sulawesi Tengah, sebagai peraih prestasi di kancah internasional.

"Bersyukur telah dapat mengharumkan nama bangsa dan daerah di kancah internasional," ujarnya.

Dia berhasil melewati dan mengisi soal yang diujikan oleh penyelenggara dengan tiga model testing, yang dilaksanakan pada waktu yang berbeda.

Ujian pertama dilakukan pada  4 Desember dengan model multiple choice atau pilihan ganda, kemudian teori ethical atau esai uraian dilaksanakan pada tanggal 6 Desember, dan eksperimen sains pada 8 Desember.

"Ekperimen dibagi dalam kelompok, untuk tim Indonesia dibagi dalam 4 tim, setiap tim terdapat 3 peserta," ujarnya.

Tambah Motivasi

Prestasi yang diraih, baginya merupakan penambah motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan, untuk lebih baik pada masa-masa yang akan datang.

Terkait hal itu, Kepala SMP Al-Azhar Palu, Abdul Basit mengatakan, prestasi yang diraih oleh siswi binaannya, diawali dengan segala bentuk kesiapan dan persiapan yang tidak mudah untuk berkompetisi pada kompetisi sains internasional.

"Ini merupakan prestasi murni tanpa ada intervensi dari pihak manapun. SMP Al-Azhar Palu telah mempersipkan diri sejak awal sebelum memasuki kompetisi sains internasional," ujarnya.

Untuk meraih prestasi di kancah internasional, bukanlah hal yang mudah. Sebab, persaingan internasional melibatkan berbagai siswa yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang baik untuk bersaing.

Dikatakan, SMP Al-Azhar turut mengutus siswi yang memiliki kompetensi di bidang sains untuk berkompetisi dengan peserta yang diutus dari berbagai negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper