Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIDANG MKD: Riza Chalid di Singapura?

Kepala Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Heru Santoso mengatakan, lembaganya siap membantu mencari pengusaha minyak Muhamad Riza Chalid untuk kepentingan penegakan hukum, seperti Kejaksaan dan Polri.
Riza Chalid/youtube
Riza Chalid/youtube

Kabar24.com, JAKARTA-- Kepala Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Heru Santoso mengatakan, lembaganya siap membantu mencari pengusaha minyak Muhamad Riza Chalid untuk kepentingan penegakan hukum, seperti Kejaksaan dan Polri.

Namun, hingga saat dia mengaku, belum menerima permintaan dari lembaga penegak hukum untuk pencarian Riza di luar negeri.

 "Belum ada, baik dari Kejaksaan atau Polri," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Dirjen Imigrasi Heru Santoso saat dihubungi, Senin (14/12/2015).

Heru memastikan, Direktorat Imigrasi selalu memantau warga negara Indonesia yang pergi ke luar negeri, termasuk Riza. Namun, dia menolak menyebutkan keberadaan Riza saat ini ada di negara mana.

"Sesuai dengan pernyataan Pak Menteri saja, kami tidak berhak mengungkapkannya, kecuali ke penyidik," ujarnya.

 Heru mengatakan, Direktorat Imigrasi tidak bisa membantu pencarian untuk mendatangkan Riza ke sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Alasannya, MKD bukan lembaga penegak hukum.

 "Tapi kalau MKD membutuhkan keterangan kami, di mana keberadaan Riza, kami siap," tutur Heru.

Riza kembali mangkir dalam sidang MKD hari ini. Dia dikabarkan pergi ke luar negeri sejak 3 Desember lalu. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly sebelumnya mengisyaratkan Riza berada di Singapura.

Laoly mengatakan, Riza di Singapura karena biasanya dia berada di sana.

 "Ya, biasanya beliau begitu," katanya.

Hingga saat ini, pemerintah belum mengambil langkah apa pun untuk Riza lantaran kasus 'Papa Minta Saham' yang juga menyeret Ketua DPR Setya Novanto itu masih dalam tahap penyelidikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper