Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAMAAH HAJI PULANG: Keluarga Korban Tragedi Mina Menanti Kepastian. Berikut Sejumlah Catatan

Gelombang kepulangan jamaah yang usai menunaikan ibadah haji menyisakah duka bagi keluarga korban tragedi Mina.
Kamp jemaah haji di Mina, Arab Saudi/Reuters
Kamp jemaah haji di Mina, Arab Saudi/Reuters

Kabar24.com, MEKKAH – Gelombang kepulangan jamaah yang usai menunaikan ibadah haji menyisakah duka bagi keluarga korban tragedi Mina.

Sementara itu, jumlah korban peristiwa Mina yang meninggal dan berhasil diidentifikasi terus bertambah.

Namun, meski telah memasuki minggu ke-2 sejak terjadi peristiwa itu (24/9) masih banyak korban meninggal di pemulasaran mayat yang belum diidentifikasi.

Berdasarkan foto yang dirilis di pemulasaran mayat, Al Mu'ashim, Mekkah, ada 2.000 jenazah di tempat tersebut yang mungkin sebagian besar adalah korban meninggal dalam peristiwa di Jalan 204, Mina, tersebut.

Indonesia sendiri kehilangan sekitar lebih dari 100 haji yang dibawanya dari Tanah Air. Sebanyak 95 orang di antaranya sudah diindentifikasi meninggal, dan 28 orang --hingga hari ke-10 sejak kejadian Mina -- belum ditemukan atau belum kembali ke pemondokan mereka di Mekkah.

Bahkan, Kementerian Agama selaku Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menemukan dan mengidentifikasi lima warga negara Indonesia (WNI) yang telah bermukim di Arab Saudi dan sedang berhaji, juga ikut jadi korban dalam peristiwa tersebut.

"Sebagai wakil pemerintah, kami sangat terpukul dengan peristiwa (Mina) ini," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sehari setelah kejadian di Jalan 204, Mina itu.

Tidak hanya Indonesia, sekitar 25 negara lain yang jamaahnya ikut menjadi korban meninggal maupun cidera mungkin juga terpukul dan kecewa, seakan peristiwa di terowongan Mina tahun 1990 yang menelan ribuan korban jiwa kembali terulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper