Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkunjung ke AS, Presiden China Xi Jinping Jelaskan Kebijakan Ekonominya

Presiden China Xi Jinping mengatakan tidak akan memanipulasi nilai tukarnya untuk mendorong ekspor selain tidak akan pernah melakukan kejahatan komersil.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 23 September 2015  |  13:16 WIB
Presiden China Xi Jinping - Reuters
Presiden China Xi Jinping - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden China Xi Jinping mengatakan tidak akan memanipulasi nilai tukarnya untuk mendorong ekspor selain tidak akan pernah melakukan kejahatan komersil.

Pernyataan itu disampaikan Xi di depan para pengusaha di Seattle, Amerika Serikat sebagai bagian dari kunjungannya ke negara itu. Kunjungan itu dimamfaatkan Xi untuk menjelaskan sejumlah kebijakan ekonomi yang diambilnya akhir-akhir ini.

Menurutnya, China juga tidak akan melakukan tindakan diskriminasi terhadap para pebisnis asing di samping akan mempercepat membuka pasar. Bahkan dia menegaskan akan terus melakukan upaya perbaikan atas pelanggaran hak azasi manusia sebagimana dikutip Reuters, Rabu (23/9/2015).

Pada bagian lain, Xi Jinping menegaskan perlunya hubungan yang lebih baik dengan Amerika Serikat. Pasalnya, jika kedua negara ini berseteru maka dapat berujung pada bencana besar. 

"Jika terjadi konflik dan konfrontasi antara AS dan China maka dapat berujung pada bencana bagi kedua negara dan juga dunia," ujarnya. Dalam pidato kunci di hari pertamanya di AS, Presiden Xi pun menekankan perlunya perluasan kerja sama dan pengertian antar kedua negara. 

Pekan ini, Presiden Xi dijadwalkan mengunjungi Gedung Putih. Presiden AS Barack Obama mengatakan orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu itu akan mendapat jamuan makan malam kehormatan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

as ekonomi china

Sumber : Reuters

Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top