Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan Buka Jaringan Merk Datsun di Maluku dan Papua

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) berencana membuka diler atau kantor penjualan di kawasan Indonesia Timur yakni Maluku dan Papua pada 2016-2017.
Datsun Go Panca. /Bisnis.com
Datsun Go Panca. /Bisnis.com

Bisnis.com, MANADO--PT Nissan Motor Indonesia (NMI) berencana membuka diler atau kantor penjualan di kawasan Indonesia Timur yakni Maluku dan Papua pada 2016-2017. 

Pasalnya, hingga saat ini, pusat penjualan Datsun kawasan Indonesia Timur masih terpusat di Pulau Sulawesi antara lain Gorontalo, Manado, dan Makassar.

“Ini masih rencana jangka panjang berdasarkan pipe line kami. Pangsa pasar total Datsun di Pulau Sulawesi adalah 25,6% per April 2015, tetapi secara nasional berkisar 21,8% pada Agustus 2015,” kata Hana Maharani, Head of Communication NMI, di Manado, Selasa (8/9).

Khusus untuk kawasan Indonesia Timur, dirinya mengatakan kontribusi terbesar memang masih di Manado, dan Gorontalo. Pasalnya, Datsun baru memiliki enam diler dan enam sales point yang tersebar di seluruh Sulawesi.

Hingga saat ini, dirinya mencatat jumlah diler Datsun mencapai 127 unit secara nasional. Realisasi tersebut menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari jumlah diler sebanyak 104 unit pada tahun lalu.

Menanggapi pelemahan rupiah dan perlambatan ekonomi, Hana mengakui kondisi tersebut memang berpengaruh terhadap kinerja penjualan Datsun di seluruh Indonesia. Namun, penjualan mobil Datsun masih mencatatkan kenaikan penjualan pada Agustus 2015 menjadi lebih dari 3.000 unit dibandingkan Juli tahun ini.

“Kenaikan tersebut lebih banyak disumbang saat kami berpartisipasi dalam acara Indonesia Internasional Motor Show [IIMS] 2015 dan Gaikindo Indonesia International Auto Show [GIIAS] 2015. Mungkin, pada saat itu beberapa konsumen berpikir itu adalah saat yang tepat untuk membeli mobil,” jelasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper