Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emisi Gas Rumah Kaca: Jokowi Minta Utusan Indonesia Tak Hanya Turuti Keinginan Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak hanya menuruti permintaan dunia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 31 Agustus 2015  |  15:35 WIB
Ilustrasi - www.iop.harvard.edu
Ilustrasi - www.iop.harvard.edu

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak hanya menuruti permintaan dunia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca.

Pramono Anung, Sekretaris Kabinet, mengatakan Presiden meminta utusan Indonesia untuk Conference of Parties ke 21 di Paris menggunakan karakteristik negara kepulauan dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca.

"Indonesia sebagai negara kepulauan harus mempunyai karakter dan kekhasan terhadap apa yang disampaikan, sehingga tidak hanya sekadar mengikuti apa yang menjadi kemauan dunia," kata Pramono di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Sarwono Kusumaatmadja, Ketua Dewan Pengarah Perubahan Iklim, mengatakan Presiden Jokowi meminta utusan Indonesia untuk Conference of Parties nanti fokus kepada isu pangan, energi, dan sumber daya air.

Menurutnya, perubahan iklim yang terjadi belakangan sangat mempengaruhi ketiga sektor tersebut, sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih.

Apalagi, pemerintah saat ini berupaya memperbaiki tata kelola pangan, energi, dan sumber daya air, agar lebih bermanfaat untuk masyarakat.

"Arahan Presiden sebenarnya sudah kami pikirkan, dan akan kami pertajam untuk disampaikan dalam konferensi di Paris nanti," ujarnya.

Sarwono menuturkan Indonesia memiliki posisi yang unik dalam persoalan perubahan iklim.

Saat ini, Indonesia bukan hanya menjadi korban dari perubahan iklim, tetapi juga menjadi pihak yang sangat menentukan dalam upaya menyelesaikan persoalan perubahan iklim.

Bahkan, lanjut Sarwono, Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam melaksanakan upaya-upaya penyelesaian perubahan iklim, seperti penanganan deforestasi dan pengurangan emisi gas rumah kaca.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

klh emisi gas rumah kaca
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top