Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT KE-48 ASEAN, JK: Asia Tenggara Masih Hadapi Tantangan Besar

Menapaki 48 tahun organisasi Association of Southeast Asian Nations (Asean), Asia Tenggara dinilai masih menghadapi tantangan di kawasan regional.
Ilustrasi/Astalog.com
Ilustrasi/Astalog.com

Kabar24.com, JAKARTA—Menapaki 48 tahun organisasi Association of Southeast Asian Nations (Asean), Asia Tenggara dinilai masih menghadapi tantangan di kawasan regional.

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, secara internal masih banyak sengketa yang belum terselesaikan antara negara-negara ASEAN.

 

“Sementara itu secara eksternal, kawasan dikelilingi oleh negara berkekuatan besar yang bisa menarik negara ASEAN pada arah yang berbeda,”ungkapnya dalam Pidato peringatan Ulang Tahun ASEAN Ke-48 di Sekretariat Jenderal ASEAN, Senin(10/8/2015).

 

Perselisihan teritorial di Laut China Selatan, sambungnya, merupakan ancaman keamanan serius bagi keamanan maritim regional jika tidak dikelola dengan hati-hati.

 

Selain itu, pertumbuhan ekonomi daerah yang dinamis juga masih memiliki ketidakseimbangan yang besar dalam pembangunan ekonomi antar negara.

 

“Secara kelembagaan ASEAN masih cukup lemah, dengan sumber daya dan kapasitas yang terbatas,”tuturnya.

 

Saat ini, bangsa Asia Tenggara berkomitmen untuk membentuk komunitas ASEAN yang terdiri dari 3 pilar, ekonomi, politik dan keamanan, serta sosial dan budaya.

 

Dia menilai, titik awal komunitas ASEAN yang akan berlangsung akhir 2015 harus digunakan oleh semua pihak untuk memulai tahap berikutnya dari pembangunan ASEAN sebagai organisasi regional yang matang.

 

Acara ulang tahun ASEAN yang seharusnya diperingati setiap 8 Agustus itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper