Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BERANTAS KEKERASAN SEKOLAH: Disdik DKI Siapkan Sanksi Buat Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman menyerukan pada banyak pihak agar menghentikan berbagai bentuk kekerasan di sekolah. Ia mengancam akan memberikan sanksi keras jika di sekolah masih ditemukan kasus kekerasan, apapun bentuknya
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA– Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman menyerukan pada banyak pihak agar menghentikan berbagai bentuk kekerasan di sekolah. Ia mengancam akan memberikan sanksi keras jika di sekolah masih ditemukan kasus kekerasan, apapun bentuknya.

"Saya iimbau kepada seluruh civitas sekolah, peserta didik dan guru, kepala sekolah dan masyarakat seperti orang tua untuk sama-sama bersepakat menghentikan seluruh perilaku yang tidak terpuji, menyimpang, dan perilaku kekerasan di sekolah," kata Arie.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto juga menambahkan, jika masih terjadi kekerasan atau perilaku menyimpang di sekolah maka sanksi akan diberikan kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab di sekolah baik kepala sekolah, guru, maupun siswa bersangkutan.

"Ketika terjadi permasalahan dan itu menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Kepala sekolah akan kami ganti," ujarnya.

Persoalan kekerasan di sekolah selama ini tidak semata dilakukan di kalangan siswa, namun juga beberapa kasus justru dilakukan oleh guru.

Menyikapi hal tersebut, Sopan berjanji jika guru terbukti melakukan kekerasan atau membiarkan kekerasan terjadi di lingkungan tempat didiknya, guru tersebut akan dilepas jabatannya.

"Guru yang berkasus tidak akan lagi menjadi guru namun hanya akan menjadi staf biasa," kata Sopan.

Adapun siswa yang terlibat kekerasan, seperti menindas siswa lain, misalnya, akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper