Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BERANTAS KEKERASAN SEKOLAH: Disdik DKI Siapkan Sanksi Buat Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman menyerukan pada banyak pihak agar menghentikan berbagai bentuk kekerasan di sekolah. Ia mengancam akan memberikan sanksi keras jika di sekolah masih ditemukan kasus kekerasan, apapun bentuknya
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 26 Juli 2015  |  12:19 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Kabar24.com, JAKARTA– Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman menyerukan pada banyak pihak agar menghentikan berbagai bentuk kekerasan di sekolah. Ia mengancam akan memberikan sanksi keras jika di sekolah masih ditemukan kasus kekerasan, apapun bentuknya.

"Saya iimbau kepada seluruh civitas sekolah, peserta didik dan guru, kepala sekolah dan masyarakat seperti orang tua untuk sama-sama bersepakat menghentikan seluruh perilaku yang tidak terpuji, menyimpang, dan perilaku kekerasan di sekolah," kata Arie.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto juga menambahkan, jika masih terjadi kekerasan atau perilaku menyimpang di sekolah maka sanksi akan diberikan kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab di sekolah baik kepala sekolah, guru, maupun siswa bersangkutan.

"Ketika terjadi permasalahan dan itu menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Kepala sekolah akan kami ganti," ujarnya.

Persoalan kekerasan di sekolah selama ini tidak semata dilakukan di kalangan siswa, namun juga beberapa kasus justru dilakukan oleh guru.

Menyikapi hal tersebut, Sopan berjanji jika guru terbukti melakukan kekerasan atau membiarkan kekerasan terjadi di lingkungan tempat didiknya, guru tersebut akan dilepas jabatannya.

"Guru yang berkasus tidak akan lagi menjadi guru namun hanya akan menjadi staf biasa," kata Sopan.

Adapun siswa yang terlibat kekerasan, seperti menindas siswa lain, misalnya, akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari sekolah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

siswa baru
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top