Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERUSUHAN TOLIKARA: Penembakan Sesuai Prosedur

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menegaskan, penembakan dari petugas pada kerusuhan di Karubaga, Tolikara Papua, Jumat (17/7/2015), sudah sesuai prosedur.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo/Antara
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo/Antara

Kabar24.com, JAYAPURA-- Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menegaskan, penembakan dari petugas pada  kerusuhan di Karubaga, Tolikara Papua, Jumat (17/7/2015), sudah sesuai prosedur.

"Tembakan ke arah tanah sudah sesuai prosedur, namun karena warga yang melakukan penyerangan sangat banyak , maka ada peluru yang rekoset hingga mengenai mereka," kata dia di Jayapura, sesaat setelah melakukan kunjungan kerja ke Karubaga, Selasa (21/7/2015).

Yang dia maksud adalah ricochet, alias mentalan anak peluru atau pecahan anak peluru setelah mengenai benda keras. Kecepatan lesat anak peluru dan pecahannya selepas laras ini masih mampu melukai serius, bahkan membunuh manusia jika terkena di bagian mematikan dan vital. 

Dikatakan Kumolo, tembakan itu dilepas agar kelompok penyerang yang melakukan pelemparan menghentikan aksinya. Sedangkan jemaah yang langsung membubarkan dan menyelamatkan diri ke belakang Markas Koramil setempat.

"Tembakan itu semata-mata untuk membubarkan massa yang menyerang," kata Kumolo.  Sebanyak 11 orang kelompok penyerang terluka tembakan dan rata-rata di bagian kakinya. 

"Namun, ada yang terkena bagian perut hingga menyebabkan meninggal," kata dia, seraya mengaku, rekaman tentang insiden itu sudah di tangan aparat keamanan, termasuk polisi. Sebanyak 35 orang dimintai keterangan oleh polisi.

Menurut dia, dari hasil pertemuan dengan Bupati Tolikara, Usman Wanimbo, pemda setempat akan menanggung semua biaya pengobatan para korban baik yang dirawat di Jayapura, Wamena maupun Karubaga.

"Saya juga sudah meminta agar polisi segera mengungkap dan memproses para pelaku temasuk dalang yang menyebabkan insiden itu terjadi," kata Kumolo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper