Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ERUPSI GUNUNG RAUNG: Bandara Ngurah Rai dan BMKG Pantau Abu Vulkanik Tiap Enam Jam

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar bersama pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai melakukan pemantauan bersama terhadap arah angin yang membawa material debu vulkanik gunung Raung di Jawa Timur
Bandara Ngurah Rai, Bali./
Bandara Ngurah Rai, Bali./

Bisnis.com, DENPASAR-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar bersama pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai melakukan pemantauan bersama terhadap arah angin yang membawa material debu vulkanik gunung Raung di Jawa Timur.

Co. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita mengungkapkan pemantauan tersebut dilakukan secara berkala yaitu setiap enam jam sekali.

"Kami terus berkoordinasi dengan BMKG Wilayah III Denpasar dan selalu melakukan pemantauan setiap enam jam sekali untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," paparnya, Senin (20/7/2015).

Pengamatan yang dilakukan tersebut karena dikhawatirkan terjadi perubahan arah angin yang bisa mengacaukan jalur penerbangan dari dan menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Saat ini pihaknya memastikan jika seluruh jalur penerbangan dari dan menuju Bali aman untuk dilewati pesawat, lanjutnya.

"Prediksi arah mata angin menjadi pusat perhatian BMKG dalam memberi perkembangan terkait aktivitas gunung Raung yang tentu berpengaruh bagi penerbangan. Sementara itu, AirNav juga memantau jalur penerbangan yang akan dilalui maskapai. Saat ini jarak jangkau abu masih kecil dan masih bisa dikatakan aman untuk sementara ini," terangnya.

Dia menyatakan, setelah Lebaran, pemantauan fisik pesawat juga menjadi perhatian khusus. Bagi pesawat-pesawat yang telah terbang melalui jalur yang pernah dilalui arah debu vulkanik juga diperiksa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper