Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MASJID DIBAKAR DI TOLIKARA: PGLII Lakukan Pembenahan Internal

Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) tidak sepakat dengan surat larangan umat Islam beraktivitas di Tolikara, menyusul insiden kekerasan di di wilayah Toli, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, Jumat (17/7/2015)
Gereja Emanuel di Charleston, North Carolina/Reuters
Gereja Emanuel di Charleston, North Carolina/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -- Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga  Injili Indonesia (PGLII) tidak sepakat dengan surat  larangan umat  Islam beraktivitas di Tolikara, menyusul  insiden kekerasan di di wilayah Toli, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, Jumat  (17/7/2015).

SIMAK: KERUSUHAN TOLIKARA: Tak Puas Laporan, Menteri Tjahjo Besok ke Tolikara

"Tentang isi surat kami tidak setuju karena itu pasti bukanlah seruan," kata Pendeta Roni Mandang, Ketua Umum PGLII di Gedung  Persekutuan Gereja Indonesia di Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2015).

BACA JUGA: Wedang Pokak, Minuman Khas Lebaran Probolinggo

Roni mengataka,  PGLII selaku induk organisasi tidak mendapat koordinasi dari GIDI mengenai surat tersebut. Menurut dia, bila surat itu diserahkan ke PGLII akan segera dikoreksi,karena tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kerukunan umat.

SIMAK: Wartawan Diduga Dibunuh: Nur Baety Jarang Bicara

"Kalau surat itu sudah sampai lebih dulu ke kita, sebelum diedarkan akan kami koreksi," katanya.

Malah, ujar Roni, PGLII mendapati surat itu setelah terjadinya insiden pembakaran mushala di sana ketika pihaknya mengonfirmasi hal tersebut  ke GIDI Tolikara.

Atas kejadian ini, PGLII akan segera melakukan pembenahan internal. Namun, pihaknya tidak dapat memberikan sanksi, karena Anggara Dasar Rumah Tangga PGLII sifatnya persekutuan bukan garis komando.

"Tapi, kami akan lakukan pastoral pengembalaan buat mereka agar tidak melakukan itu," katanya.

Seperti diberitakan, beradar surat pemberitahuan yang memuat beberapa larangan umat Islam setempat beraktivitas pada Jumat (17/7/2015) di Tolikara. Pasalnya, pada 13-19 Juli 2015, ada kegiatan Seminar dan KKR Pemuda GIDI tingkat Internasional di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper