Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BANK INDONESIA: 3 Bulan ke Depan, Harga Eceran di Kota Semarang Meningkat

Bank Indonesia melaporkan tekanan harga barang eceran di Kota Semarang pada tiga bulan mendatangan diperkirakan mengalami penngkatan.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 15 Juli 2015  |  12:40 WIB
Gerai Hero Supermarket - JIBI
Gerai Hero Supermarket - JIBI

Bisnis.com, SEMARANG – Bank Indonesia melaporkan tekanan harga barang eceran di Kota Semarang pada tiga bulan mendatangan diperkirakan mengalami penngkatan.

Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah Iskandar Simorangkir menuturkan Survei Penjualan Eceran di Kota Semarang menunjukkan mayoritas responden pedagang eceran memperkirakan hal tersebut.

“Tekanan harga dalam 3 bulan mendatang secara umum akan meningkat,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (15/7/2015).

Sementara itu, survei yang sama justru memperkirakan harga barang eceran di Kota Semarang pada enam bulan mendatang secara umum akan mengalami penurunan.

Ekspektasi harga tersebut, sambung Iskandar, erat kaitannya dengan ketersediaan barang dalam jumlah yang cukup sesuai dengan permintaannya.

Survei tersebut menunjukkan penjualan eceran pada Mei 2015 naik 0,5% dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan terutama terjadi pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor (3,5%), diikuti kelompok peralatan dan komunikasi di toko serta makanan, minuman dan tembakau masing-masing 1,3% dan 0,6%.

Sementara, penjualan pada Juni 2015 diperkirakan hanya meningkat 0,1% dibandingkan Mei 2015.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah kota semarang index penjualan eceran, bank indonesia
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top