Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Calon Panglima TNI: Konflik Global Bergeser ke Negara Khatulistiwa

Calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memprediksi akan terjadi pergeseran konflik global ke negara-negara yang berada di garis khatulistiwa, termasuk ke Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Juli 2015  |  20:53 WIB
Calon Panglima TNI: Konflik Global Bergeser ke Negara Khatulistiwa
Calon Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7). - Antara/M Agung Rajasa
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA--Calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memprediksi akan terjadi pergeseran konflik global ke negara-negara yang berada di garis khatulistiwa, termasuk ke Indonesia.

"Jika sekarang lokasi konflik dunia berada di Timur Tengah atau yang kita kenal sebagai Arab Spring, maka kedepan konflik dunia akan bergeser ke negara kaya alam yang berada di ekuator, termasuk Indonesia," kata Gatot saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Komisi I DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Ia menyebutkan, terjadinya pergeseran itu karena perebutan sumber daya alam. Dalam beberapa tahun kedepan, energi hayati, pangan dan air akan menjadi langka di banyak negara, kecuali negara yang ada di ekuator. Sementara, jumlah penduduk dunia akan terus bertambah. Konflik pun bukan lagi disebabkan karena perbutan energi fosil, tetapi pangan dan air.

Saat menyampaikan visi dan misinya, Gatot juga menyitir pernyataan Presiden Soekarno tentang ancaman tersebut, bahwa Indonesia akan jadi sasaran negara lain untuk memperbutkan kekayaan alam.

"Potensi ancaman global ini sudah diingatkan jauh-jauh hari oleh Presiden pertama, Soekarno. Kekayaan alam Indonesia suatu saat nanti akan membuat iri negara-negara besar di dunia," kata Gatot.

Untuk itu, tambahnya, sebelum ancaman itu terjadi, ada baiknya semua pihak untuk mengantisipasinya.

“Fakta tersebut merupakan sumber konflik yang harus diperhitungkan oleh seluruh pemangku kepentingan nasional. TNI siap membantu mengatasi ancaman tersebut, dengan menyadarkan dan menyamakan persepsi masyarakat tentang potensi ancaman melalui program pembinaan teritorial," ucap Gatot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gatot Nurmantyo CALON PANGLIMA TNI
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top