Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vatikan Akui Negara Palestina, Israel Tidak Terima

Vatikan secara resmi mengumumkan telah memberikan pengakuan atas negara Palestina.

Kabar24.com, JAKARTA - Vatikan secara resmi mengumumkan telah memberikan pengakuan atas negara Palestina.

Namun pengakuan itu tidak diterima oleh Israel. Kementerian Luar Negeri Israel menyesalkan keputusan Vatikan tersebut.

"Kami kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Takhta Suci," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri, seperti dikutip Times of Israel.

Menurutnya, keputusan seperti itu tidak kondusif untuk membawa Palestina kembali ke meja perundingan. Ia mengatakan kementerian akan mempelajari perjanjianitu dan mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil.

Vatikan secara resmi mengakui negara Palestina dalam perjanjian baru. Perjanjian, yang diselesaikan Rabu tetapi masih harus ditandatangani, menyebut Takhta Suci mengalihkan hubungan diplomatiknya dari Organisasi Pembebasan Palestina ke negara Palestina.

Vatikan sebelumnya menyambut baik keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 2012 untuk mengakui negara Palestina. Namun perjanjian itu merupakan dokumen hukum pertama antara Tahta Suci dan negara Palestina dan merupakan pengakuan diplomatik resmi. "Ya, itu pengakuan bahwa negara ini ada," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Vatikan mengakui eksistensi negara Palestina selama setidaknya satu tahun. Selama kunjungan Paus tahun 2014, Abbas disebut sebagai presiden "negara Palestina." Dalam buku tahunan terbaru Vatikan, duta besar Palestina untuk Tahta Suci terdaftar sebagai mewakili "negara Palestina".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper