Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Retreat KTT Asean: JK Bicara MEA, Iklim, & Infrastruktur

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusung topik Masyarakat Ekonomi Asean, perubahan iklim dan pembangunan infrastruktur dalam sesi retreat atau pertemuan khusus KTT Asean dengan sejumlah pemimpin negara di Langkawi Malaysia.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 27 April 2015  |  15:44 WIB
Jusuf Kalla - jusufkalla.info
Jusuf Kalla - jusufkalla.info

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusung topik Masyarakat Ekonomi Asean, perubahan iklim dan pembangunan infrastruktur dalam sesi retreat atau pertemuan khusus KTT Asean dengan sejumlah pemimpin negara di Langkawi Malaysia.

"Acara ini retreat, pembicaraan informal tapi mendalam. Masalah pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean, masalah climate change, dan serupanya, masalah pembangunan infrastruktur di Asean," kata JK sebelum take off di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (27/4/2015).

Pertemuan retrat di Langkawi, JK akan berdiskusi dengan sejumlah pemimpin negara yakni Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) dan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

"Nanti kan diskusi saja ini. Kita lihat tentu, kita ingin bagaimana pelaksanaan MEA itu berjalan lancar," ujarnya. Pertemua ini tidak ada kaitannya dengan tindak lanjut pertemuan kepala negara Asia Afrika di Jakarta pekan lalu.

Pada prinsipnya, lanjut JK, hubungan dua benua Asia Afrika lebih menonjolkan pada solidaritas dan menyelesaikan masalah internal. Sedangkan KTT Asean lebih kepada kerjasama yang akan dilakukan pada masa datang seperti yang paling mendesak MEA.

JK menyatakan Indonesia siap menghadapi MEA Desember 2015 sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan seperti daya saing dengan negara kawasan. "Iya Desember, saya siap, ini kan perencanaan 10 tahun," kata Wapres.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jk mea 2015 ktt asean
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top