Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAA BANDUNG: Jokowi Sahkan Pesan Bandung 2015

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Pesan Bandung 2015, Deklarasi Penyegaran Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika, dan Deklarasi tentang Palestina sebagai hasil dari Konferensi Asia-Afrika (KAA).
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 23 April 2015  |  19:41 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) saat meninjau Media Center Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015, Jakarta Convention Center, Rabu (22/4). - Antara/Panca Syurkani
Presiden Joko Widodo (kanan) saat meninjau Media Center Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015, Jakarta Convention Center, Rabu (22/4). - Antara/Panca Syurkani

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Pesan Bandung 2015, Deklarasi Penyegaran Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika, dan Deklarasi tentang Palestina sebagai hasil dari Konferensi Asia-Afrika (KAA).

Presiden Jokowi mengatakan seluruh dokumen yang menjadi hasil dari KAA telah dibahas secara terbuka dan mewakili semua pihak, sebagai perwujudan dari rasa kepemilikan semua pihak yang ikut membahasnya.

“Saya yakin konsep yang dihasilkan merefleksikan jiwa Dasa Sila Bandung, serta pandangan dan kepentingan kita semua,” katanya di JCC, Jakarta, Kamis (23/4).

Presiden Jokowi menuturkan Pesan Bandung 2015 berisi penguatan kerja sama selatan-selatan untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran, sedangkan Deklarasi Penyegaran Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika menjadi tindak lanjut, dan petunjuk dari pengimplementasian Pesan Bandung.

Sementara itu, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, berharap semua pihak menyetujui tiga dokumen yang telah disahkan sebagai hasil KAA. Pasalnya, dokumen tersebut telah menggambarkan Prinsip Bandung yang telah dihasilkan di Indonesia pada 1955.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi oleh bangsa-bangsa di Asia dan Afrika telah berubah, dan harus diselesaikan secara bersama-sama sesuai dengan apa yang tertuang dalam Prinsip Bandung.

KAA sendiri akan menghasilkan tiga dokumen yang akan menjadi kesepakatan dan dideklarasikan pada perayaan ke-60 tahun event tersebut, yakni Pesan Bandung, deklarasi untuk menghidupkan kembali the New Asian-African Strategic Partnership (NAASP), dan deklarasi dukungan untuk Palestina.

Pesan Bandung akan berisi pesan yang visioner, mengedepankan kerja sama yang baru secara nyata, dan revitalisasi penguatan kemitraan Asia-Afrika pada solidaritas politik, kerja sama ekonomi, dan hubungan sosial-budaya sebagai tiga pilar utama.

Deklarasi untuk menghidupkan kembali NAASP akan mencakup penguatan solidaritas, persahabatan, dan kerja sama. Kemudian kajian ulang terhadap perkembangan kerja sama NAASP selama 10 tahun terakhir.

Sementara itu, deklarasi untuk mendukung Palestina akan memberikan dukungan secara konsisten terhadap pendirian Negara Palestina dan hak-hak dasar warganya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top