Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAA 2015: Menlu Retno Laporkan Hasil Ministerial Meeting Saat Sesi Pleno

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan hasil pertemuan level menteri di depan sesi pleno Konferensi Asia Afrika 2015.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 22 April 2015  |  13:50 WIB
Sejumlah bendera negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 terpasang di kawasan Bunderan HI - Antara
Sejumlah bendera negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 terpasang di kawasan Bunderan HI - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan hasil pertemuan level menteri di depan sesi pleno Konferensi Asia Afrika 2015.

Dalam paparannya, Retno mengungkapkan tiga usulan yang disimpulkan dalam pertemuan KAA level menteri. Tiga usulan tersebut, yakni Pesan Bandung 2015, Deklarasi New Asian African Strategic Partnership, dan Deklarasi Palestina.

"Tiga draf konsensus itu kami serahkan kepada Leaders untuk dipertimbangkan dan dideklarasikan sebagai hasil konferensi," ujarnya di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (22/4).

Selain itu, lanjut Retno, delegasi menteri Asia-Afrika juga berbagi pandangan soal pentingnya kerjasama Selatan-Selatan dan sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan negara-negara Asia Afrika.

"Kerjasama ini dapat mengelaborasi potensi ekonomi untuk meningkatkan iklim pembangunan," tegasnya.

Retno menambahkan para menteri Asia-Afrika juga menegaskan sikap melawan kejahatan regional, seperti terorisme dan penyelundupan narkoba, serta mengetengahkan isu perubahan iklim (climate change) dan keberkelanjutan dalam agenda pembangunan Asia Afrika.

Sesi pleno KAA dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe. Setelah menerima laporan awal dari Menteri Luar Negeri Indonesia, masing-masing Kepala Negara atau yang mewakili diberi kesempatan untuk menyampaikan pandangannya dalam durasi 5 menit.

Hadir dalam KAA 2015 ini antara lain Wakil Presiden Uganda YM Edward Ssekandi, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Perdana Menteri Rwanda Anastase Murekezi, Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala, Perdana Menteri Kamboja Samdech Hun Sen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top