Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPD: Manfaatkan KAA Sebagai Modal Konektivitas Daerah

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong Konferensi Asia Afrika (KAA) sebagai sarana penguatan konektivitas dan kerjasama daerah antar Negara-negara di benua Asia dan Afrika dalam konsep sister city yang sinergis.
Bastanul Siregar
Bastanul Siregar - Bisnis.com 22 April 2015  |  10:01 WIB
Pengunjung berfoto Selfie di depan gedung Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di kawasan Jalan Asia Afrika, Bandung, Jabar, Senin (20/4) malam. - Antara
Pengunjung berfoto Selfie di depan gedung Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di kawasan Jalan Asia Afrika, Bandung, Jabar, Senin (20/4) malam. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong Konferensi Asia Afrika (KAA) sebagai sarana penguatan konektivitas dan kerjasama daerah antar Negara-negara di benua Asia dan Afrika dalam konsep sister city yang sinergis.

 “DPD RI selama ini telah melakukan beberapa proses fasilitasi daerah – daerah potensial di Indonesia dengan daerah di negara lain. Diantaranya dengan saling betukar informasi dan berkerjasama dalam kegiatan bisnis, sosial dan budaya untuk dapat mengembangkan daerahnya.” kata Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dalam keterangan tertulis, Rabu (22/4).

Senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menambahkan, berdasarkan pengalaman selama ini ada banyak manfaat kegiatan tersebut bagi daerah,  diantaranya mempererat persahabatan pemerintah dan masyarakat kedua belah pihak, mendorong tumbuhnya prakarsa dan peran aktif pemerintah daerah kota, masyarakat dan swasta, kesempatan untuk tukar menukar pengetahuan dan pengalaman pengelolaan pembangunan bidang-bidang, dan kesempatan untuk tukar menukar kebudayaan dalam rangka memperkaya kebudayaan daerah.

“Spirit serta semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) dapat menjadi modal dasar dalam membangun daerah, karena lebih berbasis pada kesetaraan, konektivitas dan kemitraan yang saling menguntungkan,” tegasnya.

Konektivitas daerah-daerah potensial di Indonesia dirasakan cukup penting, selain berbasis pada kerjasama kebudayaan dan pendidikan, tetapi dalam jangka panjang dapat diorientasikan untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat daerah, sehingga dapat meningkatkan penguatan dan pengembangan ekonomi daerah.

”Setelah pelaksanaan KAA, diharapkan dapat secara nyata mendorong penguatan Negara-negara di Asia Afrika berbasis konektivitas daerah. Dengan tata kelola dan komitmen yang baik, maka pembelajaran pembangunan dapat dilakukan dengan saling mempelajari bagaimana aspek kerjasama ekonomi, budaya, pendidikan, dan berbagai bidang sesuai dengan potensi utama suatu daerah atau kota sehingga dapat saling menguntungkan,” saran Farouk.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top