Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mencalonkan Diri Jadi Gubernur Kaltara, Sekda Kaltim Mundur

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur resmi memberhentikan Irianto Lambrie dari jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (17/4/2015).
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 17 April 2015  |  16:25 WIB
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak - Antara
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur resmi memberhentikan Irianto Lambrie dari jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (17/4/2015).

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan pemberhentian Irianto yang tengah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Utara ini berdasarkan pertimbangan atas dua hal.

“Dalam UU No.5/2014 tentang aparatur sipil negara, jabatan sekda itu hanya bisa dijabat paling lama lima tahun. Sementara Irianto sudah menjadi sekda selama 5 tahun 7 bulan 25 hari,” tutur Awang, Jumat (17/4/2015).

Selain itu, pertimbangan lain dalam pemberhentian tersebut adalah pencalonan Irianto sebagai gubernur Kaltara pada pilkada tahun ini.

“Maka dari itu, saudara Irianto bisa lebih bebas untuk memfokuskan perhatiannya terhadap pencalonan gubernur. Kami harap dia tidak hanya mencalonkan saja, tapi juga menang,” lanjut Awang.

Adapun penanganan pengisian jabatan sekda provinsi akan dilakukan oleh tim seleksi dari Kementerian Dalam Negeri. Sementara itu, untuk pengganti jabatan sekda secara definitif, Pemprov Kaltim telah mengajukan tiga nama pengganti kepada Kemendagri.

“Tiga nama yang kami usulkan antara lain Plt. Sekda Pemprov Kaltim saat ini, Rusmadi, Asisten Bagian Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kaltim HM Sabani, dan Asisten Adiministrasi Umum Provinsi Kaltim Meliana,” tukasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim awang faroek kaltara
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top