Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DJAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Nama Rawa Bunga Di Jakarta Timur

Rawa Bunga sebuah kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, yang asal mulanya bernama Rawa Bangke.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 15 April 2015  |  20:38 WIB
Kelurahan Rawa Bunga - anekainfojakarta.blogspot.com
Kelurahan Rawa Bunga - anekainfojakarta.blogspot.com

Bisnis.com,  JAKARTA-Rawa Bunga sebuah kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, yang asal mulanya bernama Rawa Bangke.

Dahulu di kawasan itu, terutama di daerah rawa-rawa, memang banyak tumbuh pohon Bunga Bangke (bunga Raflessia), sehingga daerahnya disebut Rawa Bangke.  

Zaenuddin HM, di dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012, menjelaskan nama Rawa Bangke itu akhirnya diganti.

Dijelaskan bahwa nama Rawa Bangke diganti karena orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut merasa malu jika ditanya di mana tempat tinggal mereka.

Sebab, kata Bangke dalam bahasa Indonesai berarti bangkai atau binatang yang sudah mati dan biasanya mengeluarkan bau busuk.

Warga merasa risih dan malu, tempat tinggalnya seolah-olah bau bangkai. Makanya kata Rawa Bangke kemudian diubah menjadi Rawa Bening.

Akan tetapi, karena nama Rawa Bening saat itu identik dengan hiburan malam, maka diganti lagi menjadi Rawa Bunga yang terus berlaku hingga sekarang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta sejarah
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top