Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Australia Bocorkan Data Pribadi Presiden Jokowi

Pihak berwenang Australia dilaporkan secara tidak sengaja telah mengungkapkan informasi pribadi dari beberapa pemimpin dunia, termasuk nomor paspor mereka, saat mengirim email kepada penyelenggara turnamen sepak bola.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Maret 2015  |  11:00 WIB
Australia Bocorkan Data Pribadi Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Shinzo Abe - Setpres/Laily
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA— Pihak berwenang Australia dilaporkan secara tidak sengaja telah mengungkapkan informasi pribadi dari beberapa pemimpin dunia, termasuk nomor paspor mereka, saat mengirim email kepada penyelenggara turnamen sepak bola.

Seperti yang dilansir The Wall Street Journal pada Senin (30/3/2015), Departemen Imigrasi Australia mengatakan pihaknya telah memperketat keamanan email setelah surat kabar Guardian melaporkan seorang pejabat sengaja membocorkan informasi pribadi dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel, China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pemimpin lain yang disebutkan dalam email termasuk yakni, Perdana Menteri India Narendra Modi, Jepang Shinzo Abe, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Sebagian besar informasi yang terkandung dalam email dapat diakses secara bebas dalam pencarian di Internet termasuk nama, kebangsaan, dan tanggal lahir dari para pemimpin tersebut. Tapi nomor paspor yang dimuat dalam email yang dikirim ke penyelenggara sepak bola Piala Asia telah diblokir.

"Data itu langsung dihapus oleh penerima dan tidak didistribusikan lebih lanjut," ujar juru bicara Imigrasi Australia dan departemen Perlindungan Perbatasan.

"Departemen telah mengkaji dan memperkuat protokol email untuk membatasi dan mencegah pelanggaran di masa depan."

Informasi pribadi yang telah dibocorkan adalah nama, tanggal lahir, posisi kebangsaan, nomor paspor, nomor visa dan visa subclass dari 31 pemimpin dunia (yaitu perdana menteri, presiden dan setara mereka) yang menghadiri KTT G20 November tahun lalu di Brisbane Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyadapan oleh Australia

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top