Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GENJOT TURIS: Pemerintah Tambah Negara Bebas Visa ke RI

Pemerintah akan memperluas kerja sama pemberian bebas visa untuk kunjungan singkat wisatawan mancanegara. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan devisa yang dihasilkan dari sektor pariwisata.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 19 Maret 2015  |  13:29 WIB
GENJOT TURIS: Pemerintah Tambah Negara Bebas Visa ke RI
Pemerintah akan genjot kedatangan turis lewat kebijakan bebas visa. - bisnis.com
Bagikan

Bisniscom, JAKARTA— Pemerintah akan memperluas kerja sama pemberian bebas visa untuk kunjungan singkat wisatawan mancanegara. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan devisa yang dihasilkan dari sektor pariwisata.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan akan menambah jumlah negara yang mendapatkan fasilitas pembebasan visa kunjungan singkat. Selama ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang peling sedikit memberikan fasilitas tersebut.

“Negara tetangga saja sudah ada yang memberikan bebas visa kepada 160 negara, kemarin Indonesia baru 15 negara,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Presiden Jokowi menuturkan fasilitas bebas visa akan membuka peluang pertumbuhan sektor pariwisata, karena wisatawan mancanegara tidak lagi perlu repot mengurus izin tinggal saat mendatangi Indonesia.

Menurutnya, tambahan 30 negara yang diberikan fasilitas bebas visa kemarin masih relatif sedikit apabila dibandingkan dengan negara lain yang secara geografis berada dekat Indonesia. Untuk itu, pemerintah akan kembali melakukan seleksi dan kalkulasi negara lain yang akan mendapatkan bebas visa ke Indonesia.

Presiden Jokowi juga menyebutkan pemberian fasilitas bebas visa itu tidak akan mengganggu stabilitas keamanan dalam negeri. Pemerintah akan meminta aparat kemanan dan imigrasi memperbaiki celah yang selama ini dianggap rawan terjadi pelanggaran.

“Negara lain yang memberikan bebas visa kepada 160 negara saja tidak terganggu, Indonesia kan baru 15. di mana yang rawan ya kami perbaiki, jangan karena takut keamanan terganggu kemudian ditutup semua,” ujarnya.

Seperti diketahui, mulai bulan depan pemerintahnakan memberlakukan bebas visa kunjungan singkat kepada wisatawan mancanegara asal 30 negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Pasifik.

Langkah tersebut diambil untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia, sehingga dapat menggenjot devisa yang diperoleh dari sektor pariwisata.

Dengan tambahan 30 negara tersebut, secara total sudah ada 45 negara yang mendapatkan fasilitas bebas visa kunjungan singkat ke Indonesia untuk warga negaranya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

turis
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top