Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENJARA TERMEWAH: Si Pencabut 77 Nyawa Ogah Dipindah

Penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) Halden di Norwegia menjadi penjara termewah dan paling manusiawi di dunia.Penjara ini dilengkapi berbagai fasilitas yang tak dapat ditemukan di rumah tinggal pada umumnya, oleh karena itu penjara ini disebut-sebut lebih nyaman dari rumah tinggal.
Ruang bersantai di LP Ila, Norwegia/News.com.au
Ruang bersantai di LP Ila, Norwegia/News.com.au

Kabar24.com, JAKARTA— Penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) Halden di Norwegia menjadi penjara termewah dan paling manusiawi di dunia.
Penjara ini dilengkapi berbagai fasilitas yang tak dapat ditemukan di rumah tinggal pada umumnya, oleh karena itu penjara ini disebut-sebut lebih nyaman dari rumah tinggal.

BACA JUGA: PENJARA TERMEWAH: Hanya 1 Penanda Gedung Ini Penjara

 

Selain Halden, Norwegia juga memiliki penjara lain yang tergolong manusiawi, namun sedikit di bawah LP Halden dalam hal kenyamanan. Penjara itu adalah LP Ila, terletak di pinggiran Oslo, di Pulau Utoyo. Di sini, terpidana Anders Behring Breivik menjalani hukuman selama 21 tahun karena membunuh 77 orang, sebagian besar dari korbannya adalah remaja.

BACA JUGA: PENJARA TERMEWAH: Setiap Sel Ada Kulkas, TV Layar Datar, Kamar Mandi

 

Mengingat statusnya sebagai pembunuh massal terburuk di dunia, Breivik semestinya tidak berada di LP Ila, melainkan di LP Ringerike, penjara paling aman di Norwegia, dan mungkin paling menyenangkan.

Namun, dia tenang, dan nyaman berada di Pulau Utoya. Tindakannya juga tak mengganggu narapidana lain. Tak satu pun khawatir akan kekejaman Breivik. Di penjara ini, dia dan narapidana lain memulai  kegiatan dengan semangkuk bubur atau roti cokelat yang disajikan dengan ham atau keju, dan kopi panas setiap hari.

Ukuran Ekstra

Breivik memiliki sel berukuran ekstra (tiga kali lebih besar dibanding sel lain) agar ada jarak dirinya dengan masyarakat umum. Tersedia fasilitas komputer, namun tanpa akses internet.

Komputer itu bisa digunakan untuk menonton DVD, jika dia tak menyaksikan 15 kanal televisi lokal melalui layar datar. Di bagian se isolasi, para narapidana memiliki fasilitas lebih, yakni perokok bisa merokok. Bahkan rokok pun disediakan, bila terpidana ingin merokok.

Caranya, terpidana cukup menekan bel untuk mendapatkan rokok dari pelayan yang ada di penjara. Kemudian, para terpidana ini merokok di halaman tertutup.

Bagaimana menurut Anda, penjara yang menyenangkan bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : News.com.au

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper