Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEMENTERIAN MARITIM Akan Tambah 10 Politeknik Baru

Kementerian Koordinator Kemaritiman menargetkan Indonesia bisa menambah 10 politeknik perikanan dalam 5 tahun ke depan, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Maret 2015  |  14:08 WIB
KEMENTERIAN MARITIM Akan Tambah 10 Politeknik Baru
Menko Maritim Indroyono Soesilo di Istana Kepresidenan, Rabu (25/2/2015). - JIBI/Akhirul Anwar
Bagikan

Kabar24.com, BANYUWANGI - Kementerian Koordinator Kemaritiman menargetkan Indonesia bisa menambah 10 politeknik perikanan dalam 5 tahun ke depan, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kalau mempunyai tanah 10 hektare kita bangun di Banyuwangi satu," kata Menko Kemaritiman Dwisuryo Indroyono Soesilo saat kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jumat (6/3/2015).

Pihaknya terus menyiapkan tanaga-tenaga kemaritiman yang andal dan memiliki kompetensi yang diakui oleh dunia internasional.

Saat INI, lulusan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di Jakarta memiliki kompetensi internasional karena bermitra dengan tujuh perguruan tinggi internasional di lima negara, antara lain empat di Amerika Serikat, masing-masing satu di Jerman, Korea Selatan, dan Australia.

"Ini betul-betul berkualitas internasional karena perkuliahan kita memang kelas dunia, melalui 'video conference' dengan dosen-dosen di luar negeri," kata Indroyono.

Sementara untuk tingkat SLTA, ia menyiapkan 10 sekolah menengah kejuruan (SMK) perikanan yang unggulan dengan spesifikasi jurusan, antara lain teknika perikanan, nautika perikanan, agribisnis perikanan, dan agribisnis rumput laut.

"Minimal masing-masing pulau besar ada satu SMK perikanan unggulan. Kami siapkan lulusan SMK perikanan ini juga berkualitas internasional. Bahkan, ijazahnya yang agribisnis bisa laku di perbankan sehingga bisa mencetak enterprener," katanya.

Mengenai program Kemenkes dan Kemendikbud untuk peningkatan gizi anak sekolah, Menko Kemaritiman mengemukakan kalau bisa makanan itu disediakan dari hasil olahan perikanan dan rumput laut sehingga bisa mengangkat kesejahteraan mereka yang bergerak di bidang itu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut gembira tawaran Menko Kemaritiman agar wilayahnya bisa menyiapkan sumber daya manusia kemaritiman berkompetensi internasional. "Kami siap untuk membangun politeknik kemaritiman di Banyuwangi," katanya. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

politeknik KEMENTERIAN MARITIM
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top