Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Terminal Suramadu, Pemkab Bangkalan Anggarkan Rp27 Miliar

Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan terminal kelas A di kawasan Jalan Akses Menuju Jembatan Suramadu sisi Madura, Jawa Timur, Rp27 miliar.
Jembatan Suramadu. /Bisnis.com
Jembatan Suramadu. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANGKALAN - Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan terminal kelas A di kawasan Jalan Akses Menuju Jembatan Suramadu sisi Madura, Jawa Timur, Rp27 miliar.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemkab Bangkalan Abd Hamid target penyelesaian pembangunan terminal kelas A itu pada akhir tahun ini.

"Saat ini pembangunannya sudah mencapai 50 persen, dan pada akhir tahun kemungkinan bisa selesai," katanya di Bangkalan, Selasa (24/2/2015).

Pembangunan terminal kelas A itu terletak di Desa Masaran, Kecamatan Trageh, dan alokasi dana sebesar Rp27 miliar itu merupakan dana tambahan.

Sebelumnya, pemerintah telah mengucurkan dana dua kali, yakni sebanyak Rp6 miliar lalu Rp12 miliar, sedang yang Rp27 miliar merupakan tahap ketiga yang dianggarkan 2015.

Ia menjelaskan pengerjaan proyek kelas A itu dari pemerintah pusat, dan proses lelang juga dilakukan pemerintah pusat. "Pemkab Bangkalan dalam hal ini hanya sebagai penerima manfaat. Kami tidak ikut campur terkait berbagai jenis proyek yang digelar pusat itu," terang Hamid.

Jika pengerjaan proyek itu sesuai dengan target yang ditetapkan, sambung Abd Hamid, maka pada tahun 2016 nanti, terminal yang terletak di akses Jembatan Suramadu itu sudah bisa dioperasikan.

Lebih lanjut ia menuturkan, berdasarkan hasil rapat dengan Bakorwil Madura belum lama ini, angaran dana itu akan dialokasikan untuk membangunan fasilitas utama, meliputi, area parkir, tempat istirahat sopir dan ruang tunggu penumpang serta pengerasan jalan.

Terminal kelas A tersebut dibangun di areal lahan seluas 7 hektare dan terminal ini merupakan satu-satunya terminal kelas A yang ada di Pulau Garam Madura.

Terminal ini, katanya, pengoperasiannya meliputi berbagai trayek, seperti jalur nasional, provinsi dan lokal dengan jenis armada bus patas, bus angkutan kota antarprovinsi (AKAP) dan bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP), serta angkutan kota (Angkot) dan angkutan pedesaan (Angdes). []

Pembangunan terminal di jalur akses Jembatan Suramadu ini merupakan bagian dari program percepatan pembangunan di Pulau Madura pascaoperasional Jembatan Suramadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper