Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempur Boko Haram, Pasukan Chad Masuki Niger

Pasukan militer Chad mulai memsuki negara tetangganya, Niger, bersama pasukan pemerintah untuk melawan kelompok militan Boko Haram.
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 21 Februari 2015  |  18:07 WIB
Sebuah poster iklan mencari pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau dan pejuang lainnya yang ditempelkan di dinding di desa Baga di pinggiran Maiduguri, di timur laut negara bagian Borno dalam 13 Mei 2013.  - reuters
Sebuah poster iklan mencari pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau dan pejuang lainnya yang ditempelkan di dinding di desa Baga di pinggiran Maiduguri, di timur laut negara bagian Borno dalam 13 Mei 2013. - reuters

Bisnis.com, NAIROBI--Pasukan militer Chad mulai memsuki negara tetangganya, Niger, bersama pasukan pemerintah untuk melawan kelompok militan Boko Haram.

Komandan Operasi Diffa Kolonel Salaou Barmou mengatakan keadaan darurat dinyatakan di wilayah tenggara Diffa seminggu yang lalu, sehingga memberi militer kewenangan untuk mengambil semua langkah yang mungkin untuk membawa perdamaian dan ketenangan ke wilayah tersebut.

"Kerja sama antara Niger dan Chad ini bertujuan untuk menghancurkan kejahatan yang telah melanda wilayah perbatasan untuk beberapa waktu," ujar Letnan Kolonel Ali Goukouni Issa, asisten koordinator operasi gabungan, seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (21/2/2015).

Boko Haram menyerang kota-kota perbatasan dalam Niger untuk pertama kalinya pada 6 Februari, sekaligus memperluas wlayah serangan militan tersebut.

Kelompok ini telah melakukan kekerasan selama 6 tahun di Nigeria, negara ekonomi terbesar di Afrika karena merupakan penghasil minyak dalam jumlah besar.

Menurut perkiraan dari Verisk Maplecroft, konsultan risiko Bath, yang berbasis di Inggris, para pemberontak menewaskan lebih dari 4.700 orang tahun lalu, dua kali lipat jumlah yang meninggal pada tahun 2013.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

boko haram chad niger

Sumber : bloomberg

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top