Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON KAPOLRI BARU: DPR Merasa Ditampar Jokowi Dua Kali

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mendesak agar Pimpinan DPR bersikap tegas menolak usulan nama baru calon kapolri yang dijukan Presiden Jokowi.
Bambang Soesatyo/Antara
Bambang Soesatyo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Anggota Komisi III DPR  Bambang Soesatyo mendesak agar Pimpinan DPR bersikap tegas menolak usulan nama baru calon kapolri yang dijukan Presiden Jokowi.

SIMAK: Wali Kota Padang Haramkan Hari Valentine

"Di pundak mereka (pimpinan) marwah dan kehormatan DPR dipertaruhkan. Kalau benar Presiden tadi malam telah menelepon pimpinan DPR dan akan mengajukan nama baru, maka itu dapat di katagorikan contempt of parliament," ujarnya di Gedung DPR, Jumat (13/2/2015).

SIMAK: CALON KAPOLRI TERSANGKA: PDIP Ngotot Jokowi Lantik Budi Gunawan

Menurutnya, pimpinan parlemen telah melakukan pembangkangan, karena bertindak tidak sesuai dengan sesuai kewenangan yang diberikan UU pada DPR sebagaimana diatur dalam UU Kepolisian dan UU MD3.

Pimpinan DPR, ujarnya, harus menyampaikan kepada Presiden bahwa DPR akan menolak atau mengembalikan siapapun nama baru calon kapolri ke Presiden.

"Kecuali Presiden mengikuti etika dan aturan serta perundang-undangan yang berlaku. Misalnya melantik dahulu, baru kemudian mengajukan kembali permohonan persetujuan kepada DPR untuk memberhentikan Kapolri dan mengangkat kapolri yang baru,“ ujarnya.

 Tanpa prosedur itu, ujar Bambang, sama saja Presiden menampar muka DPR dua kali.

Tamparan pertama, adalah tindakan Jokowi  yang tidak melantik Budi Gunawan sebagai kapolri, padahal Presiden sendiri yang meminta.

Sedangkan, tamparan kedua, tindakan jokowi yang tiba-tiba mengajukan calon baru seolah-olah DPR hanya berperan sebagai tukang stempel saja, ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper