Jokowi: Mana Peran Kementerian LHK Tangani Banjir?

Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lebih fokus dalam menangani banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 11 Februari 2015  |  17:40 WIB
Jokowi: Mana Peran Kementerian LHK Tangani Banjir?
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers, di Halim Perdana Kusuma, setelah kedatangan dari Filipina, Senin (9/2/2015). - Setpres/Rusman

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lebih fokus dalam menangani banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam pengantarnya menjelang rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Joko Widodo menuturkan seluruh pihak harus fokus menangani banjir di Indonesia. Pasalnya sejumlah program fisik, penataan kembali, dang penghijauan yang dilakukan belum mampu mengatasi banjir.

"Fokus dalam menangani ini [banjir] sangat diperlukan, tidak hanya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tetapi peran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat penting sekali," katanya, Rabu (11/2/2015).

Presiden menuturkan seluruh kementerian/lembaga, dan kepala daerah harus mempercepat penanganan banjir, karena pemerintah telah membuat perencanaannya.

Menurutnya, peran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga sangat penting sebagai peringatan bagi masyarakat sebelum terjadi bencana.

Secara khusus, Joko Widodo juga meminta laporan proyek sodetan menuju Sungai Ciliwung, dan Banjir Kanal Timur dari Gubernur DKI Jakarta. Dia juga meminta Gubernur Jawa Barat melaporkan proyek pembangunan waduk di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, Jakarta Banjir 2015

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top