APEL AS BERBAKTERI: Pemprov Aceh Minta Masyarakat Aktif Cek Stiker

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh meminta masyarakat aktif mengecek stiker pada apel impor sebelum membeli. Adapun, hingga saat ini Disperindag belum menemukan dan menyita dua jenis apel impor asal Amerika Serikat yang berbakteri.
Febrany D. A. Putri | 02 Februari 2015 17:24 WIB
Pedagang menata buah apel impor yang dijual di sebuah pasar tradisional. - Ilustrasi/JIBI/Rachman

Bisnis.com, BANDA ACEH - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh meminta masyarakat aktif mengecek stiker pada apel impor sebelum membeli. Adapun, hingga saat ini Disperindag belum menemukan dan menyita dua jenis apel impor asal Amerika Serikat yang berbakteri.

Kepala Disperindag Aceh Safwan menuturkan telah meneruskan surat edaran dari Kementerian Perdagangan kepada Disperindag di kabupaten dan kota di seluruh Aceh.

"Kami sudah meminta agar Disperindag di kabupaten dan kota memberi perhatian khusus terhadap penyebaran dua jenis apel ini. Ingat, hanya dua jenis yakni apel Granny Smith dan Gala dari Bidart Bros, AS. Selain itu masyarakat juga harus lebih memerhatikan stiker di apel," ucap Safwan, Senin (2/2/2015).

Selain itu, Safwan juga telah meminta kepada pedagang dan distributor agar tak menjual dan memasok kedua jenis apel tersebut.

"Untuk mencegah kedua jenis apel masuk kembali ke Aceh, Disperindag akan melakukan sidak. Tunggu saja," tambah Safwan.

Sebelumnya, Disperindag Aceh bersama BBPOM telah melakukan sidak pasar pada akhir bulan lalu. Adapun, kedua jenis apel tersebut diduga terjangkit bakteri Listeria monocytogenes. Selama ini, kedua apel dipasok oleh distributor asal Sumatra Utara.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aceh, apel berbakteri

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top