Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Bangun Interkoneksi Batam-Bintan

PT PLN (Persero) meresmikan pembangunan jaringan interkoneksi kelistrikan lewat kabel laut dari Pulau Batam ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU -- PT PLN (Persero) meresmikan pembangunan jaringan interkoneksi kelistrikan lewat kabel laut dari Pulau Batam ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PLN Nasri Sebayang mengatakan proyek ini adalah komitmen pemerintah pusat dalam pemerataan energi listrik secara nasional.

"Lewat proyek ini kami sedang membangun kabel laut interkoneksi 150 kV dari Batam ke Bintan dan SUTT 150 kV di Bintan," katanya, Rabu (28/1).

Jaringan interkoneksi yang disiapkan ini akan menyalurkan daya listrik yang terpusat di Pulsu Batam ke pulau di sekitarnya seperti Pulau Sauh, Pulau Ngenang dan Pulau Bintan.

Untuk tahap awal, daya listrik yang dialirkan lewat sitem interkoneksi ini mencapai 20 MW. Listrik disalurkan ke gardu induk Tanjung Uban lalu disebar ke kawasan pesisir barat Bintan.

Selain itu, listrik interkoneksi ini juga diharapkan bisa dialirkan ke Kota Tanjungpinang lewat jaringan tegangan menengah dengan daya 20 kV.

"Kami harap proyek jaringan interkoneksi kelistrikan di Kepulauan Riau ini juga mampu menjawab kekhawatiran investor yang akan menanamkan modal dan membuka usaha di sini," katanya.

GM PT PLN Wilayah II Sumatra Robert Arif Priyanto Purba mengatakan proyek interkoneksi dengan panjang jaringan mencapai 17,9 kilometer ini akan ditingkatkan bila berjalan lancar.

"Proyek selanjutnya yaitu penyaluran daya listrik hingga 75 MW jika pembangunan jaringan transmisi di Pulau Bintan sudah selesai dibangun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper