Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Bangun Interkoneksi Batam-Bintan

PT PLN (Persero) meresmikan pembangunan jaringan interkoneksi kelistrikan lewat kabel laut dari Pulau Batam ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Januari 2015  |  17:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU -- PT PLN (Persero) meresmikan pembangunan jaringan interkoneksi kelistrikan lewat kabel laut dari Pulau Batam ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PLN Nasri Sebayang mengatakan proyek ini adalah komitmen pemerintah pusat dalam pemerataan energi listrik secara nasional.

"Lewat proyek ini kami sedang membangun kabel laut interkoneksi 150 kV dari Batam ke Bintan dan SUTT 150 kV di Bintan," katanya, Rabu (28/1).

Jaringan interkoneksi yang disiapkan ini akan menyalurkan daya listrik yang terpusat di Pulsu Batam ke pulau di sekitarnya seperti Pulau Sauh, Pulau Ngenang dan Pulau Bintan.

Untuk tahap awal, daya listrik yang dialirkan lewat sitem interkoneksi ini mencapai 20 MW. Listrik disalurkan ke gardu induk Tanjung Uban lalu disebar ke kawasan pesisir barat Bintan.

Selain itu, listrik interkoneksi ini juga diharapkan bisa dialirkan ke Kota Tanjungpinang lewat jaringan tegangan menengah dengan daya 20 kV.

"Kami harap proyek jaringan interkoneksi kelistrikan di Kepulauan Riau ini juga mampu menjawab kekhawatiran investor yang akan menanamkan modal dan membuka usaha di sini," katanya.

GM PT PLN Wilayah II Sumatra Robert Arif Priyanto Purba mengatakan proyek interkoneksi dengan panjang jaringan mencapai 17,9 kilometer ini akan ditingkatkan bila berjalan lancar.

"Proyek selanjutnya yaitu penyaluran daya listrik hingga 75 MW jika pembangunan jaringan transmisi di Pulau Bintan sudah selesai dibangun," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

interkoneksi pln batam
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top