Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON KAPOLRI TERSANGKA: DPR Minta Jokowi Tegas

Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin minta Presiden Joko Widodo menentukan sikap yang tegas terhadap polemik terkait pengganti Kepala Polri secepatnya.

Kabar24.com, JAKARTA--Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin minta Presiden Joko Widodo menentukan sikap yang tegas terhadap polemik terkait pengganti Kepala Polri secepatnya.

"Dalam waktu satu hingga dua hari ke depan, Presiden harus tentukan sikapnya, mengatasi masalah jabatan Kapolri atau penggantinya," ujarnya seperti dikutip Antara di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Dia berpendapat masalah jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri tidak boleh berlama-lama, karena mengganggu keputusan strategis.

"Jangan lama-lama, karena Plt tidak bisa memutuskan kebijakan yang bersifat strategis, legitimasinya kurang," kata Aziz.

Menurutnya, jika dalam 2 hari tidak ada sikap dari presiden, maka fraksi-fraksi akan mengadakan rapat untuk disampaikan kepada pimpinan DPR.

"Akan kami rapatkan bagaimana sikap resmi presiden, dan juga bisa disampaikan kepada pimpinan DPR," ujarnya.

Penentuan sikap presiden harus cepat karena Aziz berpendapat pemberhentian Jenderal Pol Sutarman sebagai Kepala Polri dinilai tidak sesuai aturan.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, Pasal 11 Ayat 1 hingga 5, pemberhentian seorang Kapolri secara otomatis akan mengangkat lagi Kapolri baru, bukan seorang pejabat Plt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper