Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tragedi Charlie Hebdo: Lebih dari Sejuta Orang Gelar Pawai Diam

Para pemimpin dunia termasuk dari negara Islam dan Yahudi menyatu bersama lebih dari sejuta warga Prancis dalam satu pawai tanpa suara untuk memberi penghormatan kepada para korban serangan milisi dalam tragedi Charlie Hebdo.
 Ilustrasi/
Ilustrasi/

Bisnis.com, JAKARTA— Para pemimpin dunia termasuk dari negara Islam dan Yahudi menyatu bersama lebih dari sejuta warga Prancis dalam satu pawai tanpa suara untuk memberi penghormatan kepada para korban serangan milisi dalam tragedi Charlie Hebdo.

Para komentator menyatakan terakhir kali pawai besar yang digelar di kota Paris adalah saat pembebasan Paris dari kekuasaan Nazi Jerman pada 1944. Peserta pawai yang memenuhi jalan-jalan utama Paris itu diperkirakan antara 1,2 juta hingga 1,6 juta orang dari berbagai etnis dan suku bangsa.

Presiden Francois Hollande dan para pemimpin dari Jerman, Italia, Turki, Inggris serta dari Israel dan Palestina terlihat hadir dalam pawai tersebut. Pawai itu sendiri dimulai dari Place de la Republique dengan membawa sejumlah atribut termasuk bendera.

Sebanyak 17 orang termasuk wartawan dan polisi tewas dalam tiga hari serangan berdarah yang dimulai dari pembantaian di kantor majalah Charlie Hebdo. Majalah mingguan itu dikenal sering membuat ulah dengan menampilkan karikatur bernada menghina Islam dan agama-agama lainnya.

"Paris sekarang menjadi Ibu Kota dunia. Seluruh negara kami akan bangkit dan menunjukkan sisi terbaiknya,” ujar Hollande sebagaimana dikutiup Reuters, Senin (12/1/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper