Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Longsor Banjarnegara : Upaya Relokasi Dikaji

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan lokasi longsor Banjarnegara merupakan kawasan yang masuk dalam peta rawan bencana longsor yang dirilis sejak 2 tahun lalu.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 24 Desember 2014  |  16:08 WIB
Longsor Banjarnegara : Upaya Relokasi Dikaji
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan lokasi longsor Banjarnegara merupakan kawasan yang masuk dalam peta rawan bencana longsor yang dirilis sejak 2 tahun lalu.

Kepala Pusat Humas Kemenhut Eka Sugiri mengatakan pemerintah daerah sebetulnya telah diberitahu mengenai peta tersebut, namun tidak terlihat adanya langkah lebih lanjut.

“Topografinya itu memiliki kelerengan 60%, struktur tanahnya laktosol merekah, lalu pula curah hujannya yang saat itu tinggi membuat Banjarnegara longsor. Kami sudah aware ke Bupati soal ini sebelumnya,” katanya kepada Bisnis.com, (24/12/2014).

Dia mengatakan KemenLHK tengah mengkaji wacana relokasi warga Banjarnegara mengingat berdasarkan peta rawan bencana daerah tersebut tidak direkomendasikan sebagai tempat pemukiman.

“Inventarisasi lahan secara hukum, teknis, dan ekonomis. Ini baru (dibicarakan) di tingkat kebijakan antara KemenLHK, Kementerian Agraria, Pemda,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

relokasi longsor banjarnegara
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top