Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKW Erwiana Mengaku Disiksa Pakai Penghisap Debu

Seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia mengaku kepada pengadilan Hongkong bahwa dia telah disiksa oleh majikannya dengan mesin penyedot debu pada mulutnya dan dipelintir sampai bibirnya terkoyak.
PRT Erwiana saat dirawat/Antara
PRT Erwiana saat dirawat/Antara

Bisnis.com, HONG KONG—Seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia mengaku kepada pengadilan Hongkong bahwa dia telah disiksa oleh majikannya dengan mesin penyedot debu pada mulutnya dan dipelintir sampai bibirnya terkoyak.

Peradilan menghebohkan yang menampilkan foto-foto badan memar-memar sang PRT bernama Erwiana Sulistyaningsih itu, telah memicu kemarahan internasional atas perlakuan para PRT di pusat keuangan Asia itu.

Majikan Erwiana, Law Wan-tung yang merupakan mantan ahli kecantikan, dituntut hukuman penjara 20 tahun, atas tuduhan melakukan tindakan yang menimbulkan luka tubuh yang pedih, penyerangan dan intimidasi kejahatan.

Televisi Hongkong itu melaporkan bahwa Law terlihat tenang saat menyatakan tak bersalah atas semua dakwaan yang dituduhkan kepadanya, kecuali mengaku tidak memenuhi aturan mengasuransikan karyawannya.

Erwiana mengaku kepada pengadilan, melalui penerjemahnya, bahwa majikannya itu kerap menampar, mencakar dan menghantamnya. Erwiana juga mengatakan bahwa majikannya itu juga  memukuli dia dengan gantungan gaju, gagang kain pel dan tangga.

Selain itu, dia mengaku tidak digaji atau tidak diperbolehkan makan dan istirahat dengan cukup. Erwiana hanya diperbolehkan tidur dari jam 1 siang sampai 5 sore, setiap hari, dan hanya diberi makan enam potong roti serta sepiring nasi.

Menurut Reuters, kebijakan Hongkong dalam soal buruh migran membuat para PRT takut melaporkan penyiksaan karena khawatir kehilangan pekerjaan atau dideportasi ke negara asalnya. Di Hongkong, PRT mendapat gaji minimum 520 dolar AS (Rp6,4 juta).


Saat ini ada sekitar 300.000 PRT di Hongkong yang kebanyakan berasal dari Filipina dan Indonesia. April tahun ini, majalah Time menobatkan Erwiana Sulistyaningsih sebagai salah satu dari 100 Tokoh Paling Berpengaruh yang di dalamnya termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan biduanita Beyonce. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper