Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Charles Bonar Sirait: Utamakan Negosiasi pada Anak Buah

Bisnis.com, JAKARTA Selebriti yang juga dikenal sebagai public speaker Charles Bonar Sirait mengatakan pentingnya negosiasi dalam menghadapi persoalan dengan karyawan di kantor yang berbeda generasi. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara konferensi sumber daya manusia bertajuk Human Capital Nasional Conference 2014 Gen Y The Millenials di kampus PPM ManagementSchool of Business.
Charles Bonar Sirait
Charles Bonar Sirait

Bisnis.com, JAKARTA –Selebriti yang juga dikenal sebagai public speaker Charles Bonar Sirait mengatakan pentingnya negosiasi dalam menghadapi persoalan dengan karyawan di kantor yang berbeda generasi. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara konferensi sumber daya manusia bertajuk Human Capital Nasional Conference 2014 Gen Y The Millenials di kampus PPM ManagementSchool of Business.

“Kunci untuk menghadapi para anak buah yang rata-rata sekarang berasal dari generasi Y ini adalah negosiasi. Mereka sangat suka negosiasi,” ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (26/11/2014). Lebih lanjut dia menjelaskan, yang dimaksud dengan generasi Y adalah sekumpulan orang yang lahir pada rentang waktu tahun 1980 hingga 1994.

 Karakteristik generasi ini adalah kritis, sangat adaptif terhadap teknologi, dan memiliki rasa kompetisi yang tinggi. Selain itu, generasi ini juga sering dianggap sebagai pembangkang dan penentang aturan yang ada.

 Menurutnya, generasi Y ini merupakan generasi terbaru dari pekerja yang memasuki angkatan kerja saat ini. Berbeda dengan generasi terdahulunya, generasi X yang kini memegang posisi sebagai bos atau atasan, generasi y memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini akan membuat mereka mudah untuk berpindah pekerjaaan dan dikenal sebagai “kutu loncat”.

Dengan demikian, diperlukan cara komunikasi yang tepat antar generasi agar perusahaan mampu mengelola dan mengembangkan karyawan generasi Y secara maksimal. Hal tersebut perlu dilakukan agar mereka mau bertahan dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Charles pun memberikan beberapa tips cara berkomunikasi secara efektif dengan generasi Y. Pertama, berikan mereka tanggapan langsung atas kinerjanya.

Kedua, gunakan teknologi seperti smartphone, media sosial dan aplikasi pesan yang sama dengan mereka sebagai media berkomunikasi.

Ketiga, tawarkan pekerjaan yang multitasking, sebab generasi Y menyukai tantangan yang lebih. Keempat, tawarkan bimbingan atau konsultasi berkesinambungan atas pekerjaan mereka. Terakhir, jadilah pendengar yang baik dan berikan mereka apresiasi atas kinerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper