Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Charles Bonar Sirait: Utamakan Negosiasi pada Anak Buah

Bisnis.com, JAKARTA Selebriti yang juga dikenal sebagai public speaker Charles Bonar Sirait mengatakan pentingnya negosiasi dalam menghadapi persoalan dengan karyawan di kantor yang berbeda generasi. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara konferensi sumber daya manusia bertajuk Human Capital Nasional Conference 2014 Gen Y The Millenials di kampus PPM ManagementSchool of Business.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 26 November 2014  |  18:09 WIB
Charles Bonar Sirait: Utamakan Negosiasi pada Anak Buah
Charles Bonar Sirait
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Selebriti yang juga dikenal sebagai public speaker Charles Bonar Sirait mengatakan pentingnya negosiasi dalam menghadapi persoalan dengan karyawan di kantor yang berbeda generasi. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara konferensi sumber daya manusia bertajuk Human Capital Nasional Conference 2014 Gen Y The Millenials di kampus PPM ManagementSchool of Business.

“Kunci untuk menghadapi para anak buah yang rata-rata sekarang berasal dari generasi Y ini adalah negosiasi. Mereka sangat suka negosiasi,” ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (26/11/2014). Lebih lanjut dia menjelaskan, yang dimaksud dengan generasi Y adalah sekumpulan orang yang lahir pada rentang waktu tahun 1980 hingga 1994.

 Karakteristik generasi ini adalah kritis, sangat adaptif terhadap teknologi, dan memiliki rasa kompetisi yang tinggi. Selain itu, generasi ini juga sering dianggap sebagai pembangkang dan penentang aturan yang ada.

 Menurutnya, generasi Y ini merupakan generasi terbaru dari pekerja yang memasuki angkatan kerja saat ini. Berbeda dengan generasi terdahulunya, generasi X yang kini memegang posisi sebagai bos atau atasan, generasi y memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini akan membuat mereka mudah untuk berpindah pekerjaaan dan dikenal sebagai “kutu loncat”.

Dengan demikian, diperlukan cara komunikasi yang tepat antar generasi agar perusahaan mampu mengelola dan mengembangkan karyawan generasi Y secara maksimal. Hal tersebut perlu dilakukan agar mereka mau bertahan dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Charles pun memberikan beberapa tips cara berkomunikasi secara efektif dengan generasi Y. Pertama, berikan mereka tanggapan langsung atas kinerjanya.

Kedua, gunakan teknologi seperti smartphone, media sosial dan aplikasi pesan yang sama dengan mereka sebagai media berkomunikasi.

Ketiga, tawarkan pekerjaan yang multitasking, sebab generasi Y menyukai tantangan yang lebih. Keempat, tawarkan bimbingan atau konsultasi berkesinambungan atas pekerjaan mereka. Terakhir, jadilah pendengar yang baik dan berikan mereka apresiasi atas kinerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

humaniora
Editor : Surya Mahendra Saputra
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top