Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aktivitas Industri Melambat, Indeks Keyakinan Bisnis Jerman Justru Naik

Tanpa diduga, indeks keyakinan bisnis Jerman pada November 2014 naik untuk pertama kalinya dalam 7 bulan sekalipun pertumbuhan permintaan domestik dan perekonomian kawasan belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Bisnis.com, FRANKFURT--Tanpa diduga, indeks keyakinan bisnis Jerman pada November 2014 naik untuk pertama kalinya dalam 7 bulan sekalipun pertumbuhan permintaan domestik  dan perekonomian kawasan belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Indeks iklim bisnis Ifo yang mengambil sampel sebanyak 7.000 eksekutif menunjukkan keyakinan usaha domestik terakselerasi ke 104,7 pada bulan ini dari 103,2 pada Oktober 2014.

Sementara, konsensus ekonom yang dihimpun Bloomberg meramalkan indeks kekuatan ekonomi utama Uni Eropa ini akan turun ke kisaran 103.

"Kami melihat ada stabilisasi, namun belum ada alasan untuk antusiasme. Risiko perlambatan seperti yang ditimbulkan oleh krisis Ukraina masih belum hilang," ungkap Jens-Oliver Niklasch, Ekonom Landesbank Baden-Wuerttemberg, di Stuttgart, Senin (24/11/2014).

Selain kepercayaan investor, Ifo melansir situasi bisnis pada November 2014 naik 1,6 poin dari bulan sebelumnya yang hanya 108,4. Sentimen konsumen domestik juga bergerak ke arah positif dengan meningkat dari 98,3 menjadi 99,7.

Angka-angka ini berkebalikan dengan aktivitas industri yang bergerak paling lemah dalam 16 bulan terakhir mengiringi pertumbuhan PDB yang terpatok 0,1% pada kuartal III/2014.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Editor :
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper