Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

44 Produk Pertanian Organik Dipamerkan di Bogor

Sebanyak 44 produk organik hasil pertanian lokal dipamerkan di Bogor Organic Fair di Lapangan Sempur Kota Bogor, Jumat (14/11/2014).
ilustrasi/
ilustrasi/

Bisnis.com, BOGOR- Sebanyak 44 produk organik hasil pertanian lokal dipamerkan di Bogor Organic Fair di Lapangan Sempur Kota Bogor, Jumat (14/11/2014).

Ketua Aliansi Organis Indonesia Wahyudi mengatakan tujuan utama acara tersebut untuk meningkatkan kedaulatan pangan, mitigasi perubahan iklim, dan memanfaatkan potensi alam.

"Dengan demikian beberapa aspek pertanian seperti pembenihan dan bagaimana produksi pertanian organik bisa dipamerkan dan dipasarkan," katanya pada konferensi pers.

Menurutnya, Bogor Organic Fair (BOF) juga bertujuan mengembalikan kejayaan sistem pertanian yang sejak zaman nenek moyang sudah diberlakukan sistem organik.

Pihaknya ingin pertanian di Indonesia tidak memiliki ketergantungan pada pupuk, pestisida yang mengandung bahan kimia dan telah mengakar pada sebagian besar petani.

Menurut dia, tujuan kecil pada BOF 2014 bisa meningkatkan produk dan varietas pertanian seperti sayur, pangan dan buah-buahan.

Wahyudi menuturkan kegiatan tersebut harus dilakukan bukan hanya di Bogor, tetapi serentak dilakukan di kabupaten dan kota lainnya.

"Pertanian sehat dari organik akan membuat kualitas hidup masyarakat semakin berkualitas. Tapi hambatan selama ini yaitu mengubah mindset masyarakat untuk mengonsumsi dan memproduksi bahan organik," paparnya.

Dia menambahkan, pertanian organik memang notabene memakan waktu lama baik untuk pola tanam atau panen, sehingga membuat petani banyak yang enggan menggunakan sistem organik.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Alinasi Petani Indonesia Muhammad Nurrudin mengatakan saat ini Indonesia membutuhkan pertanian berkelanjutan yang bisa menguntungkan semua pihak.

Pihaknya meminta pemerintah memberikan dukungan untuk mengurangi jumlah penurunan petani di Indonesia. "Kontribusi petani untuk pembangunan dan ekonomi sangat besar. Maka mari kita mulai menggunakan sistem pertanian berkelanjutan dengan praktek teknologi yang memadai," ujarnya.

Kegiatan BOF 2014 yang digelar pada 14-16 November juga diwarnai dengan kegiatan seminar, pameran produk, talkshow, aneka lomba dan lainnya.

Direktur Program AOI, Sri Nuryati menuturkan event BOF 2014 mampu menggerakan publik berperan aktif menjaga dan menerapkan pola hidup sehat organik.

"Kami harap kegiatan ini bisa memperbaiki pola makan, tani maupun kebiasaan sehari-hari. Selain produk organik sehat, petaninya juga akan sejahtera karena harga lebih tinggi," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper