Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalla Pastikan Menteri Dilantik Senin

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pelantikan anggota kabinet Presiden Joko Widodo dijadwalkan berlangsung Senin (27/10).

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pelantikan anggota kabinet Presiden Joko Widodo dijadwalkan berlangsung Senin (27/10).

Kalla mengungkapkan KPK rencananya menyerahkan laporan kajian rekam jejak calon menteri kepada Jokowi Jumat sore (24/10). Nama calon menteri, lanjutnya, bisa diumumkan segera jika seluruh calon menteri mendapatkan rekomendasi dari KPK.

“KPK nanti sore, selama tidak ditolak lagi, bisa [diumumkan]. Tergantung dari KPK kalau tidak ada tanda merah atau kuning,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jumat (24/10).

JK memastikan anggota kabinet akan dilantik pada Senin. Namun, dia belum mau mengungkapkan kapan nama calon anggota kabinet akan diumumkan.

“Senin, pelantikan. Ini kan besok libur, Minggu libur. Pengumumannya pokoknya sebelum Senin, katanya.

Pengumuman kabinet, tambahnya, tidak perlu menunggu surat pertimbangan DPR terkait perubahan nomenklatur kementerian.

JK menilai rencana pemerintah memisahkan, menggabungkan, dan membentuk kementerian baru tidak fundamental.

“Ini kan kementerian [yang diubah] tidak tercantum dalam UU [tentang kementerian], ini perubahan sedikit saja, tidak fundamental. Cuma menggabungkan,” kata Wapres.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta pertimbangan DPR tentang rencana penggabungan dan pemisahan kementerian.

Kementerian tersebut adalah Kementeriaan Koordinator Kemaritiman; Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah; Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi; dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Ada juga Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Infrastruktur dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Pembangunan Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper