Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENTROK TNI-POLRI: Berikut Rekomendasi Tim Investigasi

TNI dan Polri telah membentuk tim investigasi gabungan untuk mengungkap kasus bentrokan yang terjadi antara kedua satuan tersebut saat melakukan penggerebekan gudang penimbunan bahan bakar minyak di Batam, Kepulauan Riau.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-- TNI dan Polri telah membentuk tim investigasi gabungan untuk mengungkap kasus bentrokan yang terjadi antara kedua satuan tersebut saat melakukan penggerebekan gudang penimbunan bahan bakar minyak di Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI M Fuad Basya mengatakan bahwa tim investigasi tersebut telah bekerja pada 27-30 September 2014 untuk mengetahu pelaku sebenarnya dalam tragedi bentrokan antara TNI-Polri tersebut, hingga menimbulkan korban.

"‎Pembentukan tim investigasi gabungan TNI-Polri bertujuan mengungkap peristiwa penembakan 4 anggota Yonif 134/TS yang dilakukan oleh anggota Satbrimobda Kepri pada saat razia pangkalan BBM ilegal di jalan Trans Barelang, Tembesi, Batu Aji, Kota Batam," tutur Fuad dalam siaran pers yang diterima Bisnis di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Dari hasil investigasi tersebut, menurut Fuad dapat disimpulkan beberapa hal yang pertama ‎adalah membenarkan bahwa ada oknum anggota Yonif 134/TS yang menjadi petugas keamanan di lokasi usaha BBM tersebut, tanpa tahu apakah usaha tersebut ilegal atau legal.

Kemudian yang kedua, pada saat Polda Kepri dan Satbrimobda Kepri melakukan penggerebekan penimbunan BBM ilegal, memang telah terjadi keributan yang terjadi antara TNI dan Polri yang mengakibatkan dua anggota Yonif 134/TS atas nama Pratu Ari Kusdianto dan Prada Ari Sulistyo terluka akibat tembakan yang disengaja namun tidak langsung.

Temuan ketiga dari tim investigasi tersebut, Fuad membenarkan telah terjadi keributan di Mako Satbrimobda Kepri‎, yang berawal dari penembakan terhadap dua anggota Yonif 134/TS.

Menurut Fuad, anggota Brimobda yang sedang berjaga waktu itu, langsung membunyikan alarm stelling dan anggota Brimobda yang baru melakukan apel malam, langsung mengambil senjata pada saat anggota Yonif 134/TS menyambangi Mako Satbrimobda Kepri.

"Pada saat itu terdengar tembakan sebanyak lima kali, yang mengakibatkan dua anggota Yonif 134/TS atas nama Praka Eka Basri dan Pratu Eko Saputra mengalami luka tembak dari peluru yang memantul," kata Fuad.

‎Kemudian hasil temuan terakhir tim investigasi, setelah terjadi keributan karena saling menambak tersebut, keadaan perlahan tenang setelah para Perwira Yonif 134/TS datang ke lokasi keributan untuk mendinginkan suasana.

Berda‎sarkan hasil temuan dari tim investigasi yang dipimpin langsung oleh Passuspom Mabes TNI Mayjen TNI Maliki Mift, maka tim investigasi gabungan TNI-Polri memberikan rekomendasi kepada pimpinan Polri untuk memproses hukum oknum anggota Satbrimobda Kepri.

Alasannya, diduga telah mengeluarkan tembakan disengaja tetapi tidak langsung atau memantul yang mengakibatkan dua anggota Yonif 134/TS mengalami luka tembak pada saat melakukan penggerebekan BBM ilegal.

"Serta menindaklanjuti temuan awal tim gabungan, guna mengungkap siapa pelaku penembakan terhadap dua anggota Yonif 134/TS yang terjadi di Mako Satbrimobda Kepri dengan menitikberatkan pada dugaan terhadap anggota Satbrimobda yang memegang senjata dan diduga kuat melakukan penembakan," ujar Fuad.

Kemudian kepada pimpinan TNI AD‎, tim gabungan investigasi gabungan tersebut juga memberikan rekomendasi untuk melakukan proses hukum kepada dua oknum anggota Yonif 134/TS yang diduga menjadi petugas pengamanan dalam kegiatan penimbunan BBM ilegal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper