Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Brawijaya "Naik Status", Raih Akreditasi A

Setelah sempat mengalami penurunan status (akreditasi) B, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, berhasil menaikkan statusnya menjadi A.

Bisnis.com, MALANG -- Setelah sempat mengalami penurunan status (akreditasi) B, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, berhasil menaikkan statusnya menjadi A.

Rektor UB Malang, Prof. Mohammad Bisri, mengatakan peningkatan status menjadi A tersebut tidaklah mudah.

Proses asesor sendiri sudah dilakukan sejak November 2013 lalu.

“Hasil akreditasi tersebut kami terima Selasa (7/10/2014) sesuai dengan Surat Keputusan No.367/SK-BAN PT/AK-SURV/PT2014 di mana UB kembali mendapatkan akreditasi A,” kata Bisri, Rabu (8/10).

Nilai A sangat penting dan positif bagi UB di antaranya terkait dengan lulusan utamanya untuk keperluan mencari pekejaan yang mengisyaratkan akreditasi A.

Menurutnya, UB sejak 2009-2013 sudah terakreditasi A, dan UB telah menunjukkan kemajuan yang sangat baik dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Prestasi di tingkat internasional dari hasil Webometrics, akreditasi internasional program Studi (prodi), sertifikasi SMM ISO 9001:2008 untuk seluruh unit kerja.

"'Kita merasa lega karena hingga empat tahun ke depan akreditasi UB adalah A. Durasi Akreditasi adalah empat tahun," jelas dia.

Selain Webometrics, pemeringkatan internasional 4ICU UB berada diposisi 5 di Indonesia (2014) dan QS Star peringkat 4 Indonesia (2014).

Kenaikan peringkat tersebut seiring dengan ambisi UB untuk memasuki era global di Asean pada 2015 dan Asia pada 2020 mendatang.

Kepala Pusat Jaminan Mutu UB Malang, Achmad Wicaksono, mengatakan untuk mendapatkan akreditasi A, nilai minimal yang harus dipetik adalah 361.

Kegagalan UB mendapat akreditasi A pada 2013 lalu menyusul raihan poin yang hanya 357.

“Kendati berselisih empat poin, namun belum memenuhi syarat ideal. Penilaian tersebut meliputi tujuh hal mulai dari visi misi, proses belajar mengajar, sarana prasarana, sumber daya manusia (SDM) hingga bidang penelitian, pengabdian, dan kerjasama,” ujarnya.

Kenaikan status tersebut juga seiring dengan visi misi yang ingin menjadi kampus unggul di Asean pada 2015 dan Asia 2020 mendatang.

Paling tidak UB dikenal sebagai perguruan tinggi yang memiliki standar bagus dan telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Asean dan Asia.

Saat ini UB tengah mengejar sertifikasi AUNQA yang merupakan syarat untuk bisa bergabung dengan Asean University Network (AUN) mengikuti perguruan tinggi ternama di Indonesia lainnya yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gajahmada (UGM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper