Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Elit Lokal Migrasi ke Pusat Jadi Ancaman, Begini Alasannya

Perkembangan politik hasil Pileg dan Pilpres 2014 diperkirakan akan sangat mengkhawatirkan akibat kecenderungan sebagian elit lokal berpindah ke pusat dengan kepentingannya masing-masing.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 Agustus 2014  |  18:48 WIB
Gedung DPR RI - Bisnis.com
Gedung DPR RI - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan politik hasil Pileg dan Pilpres 2014 diperkirakan akan sangat mengkhawatirkan akibat kecenderungan sebagian elit lokal berpindah ke pusat dengan kepentingannya masing-masing.

Demikian dikemukakan oleh pengajar Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia  Panji Anugrah Permana dalam diksui bertema “Wajah Baru ParlemenKita” bersama anggota DPD Abdul Gafar Usman dan penulis buku ‘Pemilu Indonesia’ Harun Husen di Gedung DPD, Jumat (29/8/2014).

Menurut Panji, sekitar 13 % elit lokal berimigrasi  ke pusat terutama masuk menjadi anggota DPR. Para elit tersebut terdiri dari keluarga elit partai,  pejabat dan pengusaha.

“Kalau imigrasi elit lokal ke pusat itu terus dibiarkan dan ada kecenderungan untuk mengamankan elit lokal yang juga kerabatnya, maka wajah DPR RI ke depan akan makin buruk," ujarnya.

Bahkan dia menyebutkan  tokoh dan figur populer termasuk artis juga terkalahkan oleh elit lokal tersebut.

Menurutnya kondisi itu suka tidak suka akan berimplikasi pada fungsi dan tugas di DPR.

Apalagi, ujarnya, kader partai yang terpilih masih 60 %. Sedangkan 42 % dari petahana yng terpilih kembali ternyata berlatarbelakang tidak jelas.

“Semua itu akibat proses rekrutmen kader oleh partai buruk dan penyelenggaraan pemilu juga buruk, sehingga wajah DPR dan DPD seperti apa yang akan muncul, bisa diketahui dari proses pemilu itu sendiri,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pileg 2014
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top