Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obligasi Daerah Dapat Digunakan Untuk Pembiayaan Jalan Tol

Pemerintah Riau dapat memanfaatkan pengeluaran surat utang atau obligasi daerah sebagai sumber pendanaan untuk mempercepat pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang produktif.

Bisnis.com, PEKANBARU--Pemerintah Riau dapat memanfaatkan pengeluaran surat utang atau obligasi daerah sebagai sumber pendanaan untuk mempercepat pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang produktif.

Mahdi Muhammad, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau, mengatakan obligasi daerah sangat layak dimanfaatkan untuk pendanaan proyek infrastruktur, seperti jalan tol dan pelabuhan.

“Harus jelas tujuan pemanfaatan dananya. Obligasi sangat baik untuk membiayai proyek infrastruktur yang produktif seperti jalan tol dan pelabuhan, karena penerimaan dari proyek tersebut dapat digunakan untuk membayar kembali,” katanya di Pekanbaru, Selasa (18/8/).

Mahdi menuturkan tujuan penggunaan dana obligasi akan sangat menentukan penyerapan surat utang itu. Pasalnya, investor menginginkan kepastian pembayaran pokok dan kupon yang sesuai dengan penawaran.

Menurutnya, penentuan nilai obligasi, tenor, dan kupon yang akan ditawarkan juga harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, sehingga tidak membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun mendatang.

Pemerintah Riau memang sedang menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayahnya. Hal tersebut juga membuat Gubernur Riau Annas Maamun meminta dana dekonsentrasi yang lebih besar untuk daerahnya pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper